Kulit Sehat vs Awet Muda

Produk anti aging mungkin salah satu produk kosmetik yang dalam dekade terakhir mendapat perhatian luar biasa besar. Tengok saja iklan perawatan kulit yang banyak muncul di media termasuk televisi, sebagian besar menjanjikan kembalinya kondisi kulit seperti saat muda dulu. Dan bisa diduga, banyak wanita tergoda untuk menggunakan produk tersebut.

Sejujurnya, istilah anti aging tidak dapat dikatakan tepat. Pasalnya, adakah yang bisa menghentikan penuaan? Penuaan merupakan suatu proses alamiah yang akan terjadi dan dialami setiap orang sejalan dengan pertambahan usianya. Seperti apa pun usaha Anda, tak ada yang bisa menghentikan proses ini. Yang bisa kita lakukan hanyalah menjaga kondisi fisik –dalam hal ini kulit—untuk memperlambat efek perubahan yang berlangsung sejalan pertambahan usia. Secara singkat, selama kondisi kulit Anda sehat, maka tanda-tanda penuaan pun bisa ditunda datangnya.

Biasanya tanda penuaan pada kulit ditandai dengan penipisan dan munculnya kerutan yang disebabkan melambatnya produksi sel, pengenduran yang disebabkan makin sedikitnya produksi elastin dan kolagen yang berfungsi menjaga kelenturan dan kekuatan kulit, serta kekeringan yang diakibatkan makin berkurangnya kelenjar minyak dan kelenjar keringat seiring dengan pertumbuhan umur.

Selain faktor genetik, faktor eksternal juga berperan besar dalam menentukan kondisi dan kesehatan kulit. Sinar matahari dituding banyak ahli

sebagai penyebab dari 90% masalah kulit yang berkaitan dengan penuaan. Sinar matahari yang mengenai kulit memicu produksi radikal bebas, yang menghancurkan kolagen dan elastin. Selain itu sinar matahari juga memperbesar produksi melanin yang menyebabkan munculnya bercak-bercak hitam pada kulit. Selain sinar matahari, polusi serta gaya hidup seperti terus menerus berada dalam ruangan berpendingin udara juga berpengaruh pada kondisi kulit.

Untuk menjaga kesehatan kulit, yang pada akhirnya memperlambat tanda penuaan, para ahli menyarankan beberapa langkah mudah berikut.

  1. Lindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan sunblock dengan sun protection factor minimum 15 (SPF 15). Tidak hanya saat beraktivitas di luar ruangan, tapi setiap hari, karena sinar UVA bisa menembus kaca jendela maupun mobil.
  2. Jaga kelembaban kulit agar tak kekeringan dengan selalu mengulaskan pelembab kulit, baik untuk kulit wajah maupun kulit tubuh. Kulit kering akan merusak penampilan Anda.
  3. Hindari dehidrasi yang dapat menyebabkan kulit kering dengan minum cukup banyak air putih. Air juga punya peran penting dalam regenerasi sel, pembuangan toksin dan mengedarkan zat gizi ke seluruh tubuh.
  4. Olahraga secara teratur akan memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Pasokan oksigen yang cukup akan membuat kulit dalam kondisi sehat dan terlihat lebih sehat.
  5. Pola makan yang baik juga diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Banyak vitamin yang diperlukan kulit terdapat dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Jadi sebelum Anda merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli produk-produk berharga mahal, coba dulu beberapa tips tadi. Berapa pun usia Anda, bila kulit Anda terjaga kesehatannya, maka penampilan Anda pun akan terlihat segar!

Share artikel ini:

Artikel Terkait