Manfaat Kegel Bagi Organ Intim

Berbicara tentang kegel, barangkali yang ada dalam benak Anda hanyalah organ intim dan wanita. Anda memang tidak salah, sebab olahraga ini memang lebih banyak dilakukan oleh wanita, walau sebenarnya tak ada batasan gender untuk melakukan kegel ini. Selain itu, kegel memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh utamanya organ kelamin, sehingga wajar bila Anda berpendapat demikian. Lebih lengkap, seorang Ginekolog asal University of Southern California, membeberkan manfaat kegel secara lebih lengkap berikut ini.

Bagi wanita yang sudah menikah

Karena sering digunakan untuk aktivitas seksual atau mungkin usai melahirkan, otot-otot yang berada di sekitar daerah kewanitaan mulai mengalami pengenduran. Belum lagi, pengaruh usia yang semakin membuat kondisi fisik kian renta. Nah, dengan melakukan kegel ini, otot-otot kelamin bisa kembali  kencang dan akan berdampak pada kepuasan seksual Anda tentunya.

Bagi wanita yang belum menikah

Manfaat yang akan Anda peroleh dari senam kegel ini, antara lain dapat mencegah beser atau sering buang air kecil. Gangguan ini terjadi lantaran penurunan otot panggul yang tak dapat mencegah urin, sehingga lebih sering untuk melakukan buang air kecil. Usai melakukan kegel ini, otot panggul lebih kuat dan organ intim Anda menjadi lebih sehat.

Buat Pria

Kegel juga dapat dilakukan oleh pria. Sebagai pemimpin dalam keluarga, Anda tentu ingin tampil perkasa. Lewat latihan kegel ini, organ intim Anda menjadi lebih sehat. Anda dapat merasakan kenikmatan orgasme yang lebih maksimal. Kabar baiknya, kegel ini juga dapat menjauhkan dari ejakulasi dini, sehingga semakin meningkatkan keharmonisan hubungan rumah tangga Anda.

Untuk mempraktekkannya, dengan belajar menahan proses buang air kecil. Cobalah untuk memberhentikan alirannya di tengah-tengah proses. Tahan beberapa detik dan keluarkan kembali. Ini menjadi prinsip dasar dari senam kegel. Lakukan kontraksi otot panggul saat Anda tak sedang ingin buang air seni atau kandung kemih kosong. Lakukan dengan duduk atau berbaring. Tahan kontraksi ini sampai lima hitungan dan relaksasi sekitar lima menit. Lakukan sekitar empat sampai lima kali.

Share artikel ini:

Artikel Terkait