Manfaat puasa untuk kesehatan

Banyak peneliti yang tertarik meneliti hubungan puasa dengan kesehatan. Ternyata, begitu banyak yang mereka dapatkan dari puasa Ramadhan yang memberi manfaat untuk kesehatan. Puasa terutama banyak menolong pada keaadaan-keadaan gangguan kesehatan yang erat hubungannya dengan kelainan-kelainan umum yang lain.

Keadaan lapar karena puasa secara teratur, disertai kegiatan fisik yang tidak jauh berbeda dengan kegiatan yang dilakukan sebelum berpuasa, memungkinkan mobilisasi kelebihan gula dan lemak dari tempat timbunannya dalam tubuh. Sehingga memungkinkan tubuh membuang kelebihan lemak tertentu. Hal ini memberi efek positif yang menggembirakan. Beberapa masalah kesehatan akibat berlebihan lemak dalam tubuh teratasi atau paling tidak berkurang dengan berpuasa.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa Puasa ramadhan memberi efek positif terhadap kesehatan, sekaligus dapat membantu mengatasi sebagian dari masalah kesehatan antara lain:

  • Dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (kolestrol jahat) dan meningkatkan secara signifikan kadar HDL (kolesterol baik untuk menjaga kesehatan jantung)
  • Tidak menurunkan metabolisme tubuh
  • Dapat membantu untuk menurunkan keluhan sakit lambung (maag)
  • Tidak mengganggu kadar hormon dalam darah

Tentu saja harus disertai pola hidup sehat lainnya termasuk makanan yang halal & baik –

Hal lain yang perlu diperhatikan selama berpuasa tentu menu lebih disusun karena dipersiapkan. Saat ini kebanyakan menu harian, cenderung serba instan dan kurang disiapkan betul. Kondisi seperti itu yang menjadikan orang–orang tersebut berisiko “kurang gizi”. Perlu menu beragam setiap hari. Persiapan meja makan rumah untuk bersantap waktu sahur dan waktu berbuka puasa tentu lebih sempurna dibanding sebagaimana kebanyakan menu harian umumnya.

Bahwa makna sehat sekarang tak cukup hanya jiwa dan raga belaka, melainkan juga sehat pula secara sosial, dan spiritualitas. Berpuasa sejatinya juga menyehatkan kita secara sosial dengan melakukan kegiatan berkumpul sekeluarga, tarawih, dan bersilaturahim dengan banyak orang. Secara spiritual, jelas berpuasa sudah sejak awal menyehatkan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait