©shutterstock

Mengenal Caplak, Bentol yang Tak Kunjung Hilang

Satu lagi penyakit kulit yang perlu dipahami penyebabnya, caplak. Kalau belum familiar dengan nama, ini Anda bisa menyebutnya sebagai kutil. Bentuknya kecil dan sering tumbuh di sekitar jari. Kalau dibiarkan lama-lama akan mengeras dan membesar. Lantas apa yang harus dilakukan?

Sebelum mencari tahu penyembuhannya, kenali dulu penyebabnya. Caplak biasanya terjadi  karena infeksi virus HPV (human papillomavirus) yang ada tersebar di mana saja. Menurut dokter kulit Conway Huang, MD, seorang profesor bedah dermatologi dan bedah laser di University of Alabama, Birmingham, virus HPV sering kali masuk ke dalam kulit manusia  ketika berjabat tangan, memutar knop pintu, ataupun saat mengetik pada keyboard. Virus ini juga bisa menular lewat benda mati, seperti handuk yang habis dipakai oleh orang yang mengidap caplak.

Ketika caplak baru tumbuh dan masih berupa benjolan kecil, harap segera diatasi supaya tidak meradang. Berikut ada beberapa tips pengobatan yang Anda coba. Simak ya!

Cuka Apel

Cuka sari apel merupakan bahan rumahan yang sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit. Pertama-tama rendam bola kapas dalam cuka sari apel hingga mengembang. Setelah itu oleskan di kulit yang terkena caplak kemudian rekatkan bola kapas menggunakan perban dan plester. Jangan dibuka selama 1-2 minggu. Sifat asam yang dimiliki cuka sari apel akan menyerang daging caplak tersebut sehingga bisa terangkat secara alami.

Bawang Putih

Tak hanya melezatkan masakan, bawang putih juga ampuh mengusir virus HPV penyebab caplak. Sifat antivirus di dalamnya akan membantu mengatasi masalah kulit yang satu ini dalam waktu cukup singkat. Tumbuk kasar bawang putih mentah dan tambahkan sedikit air. Terapkan pada caplak dan bungkus dengan perban. Biarkan seharian penuh baru buka perbannya. Jika sudah melepuh, berarti seminggu kemudian caplak akan lepas. Namun, kalau belum terjadi apa-apa, ulang kembali proses tadi untuk menyembuhkannya.

Kesimpulannya, dibutuhkan waktu minimal satu minggu untuk mengusir caplak pergi dari kulit. Untuk mencegah masalah ini kembali lagi, jagalah kebersihan diri dan lingkungan serta lindungi diri dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E agar kulit kebal dengan beraneka virus jahat. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait