©shutterstock

Menyambung Gigi Patah, Perlukah?

Gigi patah atau retak dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari mengunyah makanan yang keras maupun karena jatuh atau terpukul. Hal ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi yang mengalaminya.

Bila gigi yang patah adalah gigi seri tentu saja akan merusak penampilan dan mengganggu fungsinya untuk mengunyah dan menggigit makanan. Tapi apakah penyambungan gigi patah penting dilakukan? Simak ulasan sejelasnya berikut ini ya.

Lapisan luar gigi terdiri dari berbagai macam mineral yang melindungi dan menguatkan gigi. Seiring waktu lapisan ini dapat terkikis dan menipis, baik disebabkan oleh makanan atau minuman, dan usia, demikian pernyataan yang didapat dari WebMD. Situs penyedia informasi kesehatan terkemuka di Amerika Serikat ini lebih lanjut menjelaskan bahwa ketika lapisan enamel gigi sudah semakin tipis, maka kekuatannya pun akan berkurang, terlebih lagi apabila terdapat lubang pada gigi tersebut. Kejadian seperti jatuh, terpukul, atau menggigit sesuatu yang keras dapat menyebabkan gigi patah ataupun copot.

Patahnya gigi tidak hanya mengganggu secara estetika, akan tetapi juga menggangu fungsi dari gigi itu sendiri terutama dalam urusan mencerna makanan. Oleh karena itu dr. Jeff J. Brucia dari situs DearDoctor menyarankan untuk memperbaiki gigi yang patah tersebut untuk menjaga agar proses pencernaan makanan tidak terganggu dan dapat bekerja sempurna. Untuk memperbaiki gigi yang patah dapat dilakukan dengan cara mengganti keseluruhan gigi maupun hanya memperbaiki bentuk fisik gigi dengan penambahan resin. Cara ini tidak membutuhkan banyak waktu tapi mempunyai kelemahan yaitu kurang kuat.

Metode termutakhir untuk melakukannya adalah dengan teeth extension, yaitu prosedur pembedahan yang dilakukan oleh dokter gigi untuk mengekspos sejumlah besar struktur gigi untuk memulihkan gigi yang patah, agar kembali utuh. Hal ini dilakukan dengan menggores jaringan gingival di sekitar gigi, dan setelah sementara menghilangkan jaringan lunak, menghilangkan tulang alveolar dengan ketinggian yang sebelumnya sudah diprediksi. Selain periodontist, dokter gigi umum pun bisa melakukan prosedur ini. Metode ini sering dilakukan bersamaan dengan beberapa prosedur mahal dan memakan waktu, dengan tujuan meningkatkan tampilan gigi. Kurang kuatnya struktur gigi juga mempengaruhi sehingga diperlukan biaya lebih untuk melakukan perawatan endodontik.

Konsultasikan dengan dokter sebelum mengambil langkah untuk memperbaiki gigi yang patah ya Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait