Mudahnya Membakar Kalori Lewat Aktivitas Sehari-hari

Mudahnya Membakar Kalori Lewat Aktivitas Sehari-Hari

Menyapu, mengepel lantai, membersihkan halaman rumah sampai menyiapkan hidangan keluarga sudah menjadi rutinitas rumah tangga setiap hari. Terutama bagi ibu rumah tangga yang lebih sering melakukan pekerjaan ini. Kadang mulai pagi hingga malam menjalankannya. Sebagai salah satu wanita, memiliki tubuh sehat dan ideal adalah dambaan. Anda mungkin berpikir padatnya aktivitas rumah tangga membuat tubuh kurang aktif bergerak dan mudah sekali memupuk lemak.

Jangan salah dulu, aktivitas rumah tangga yang hampir Anda jalani setiap hari ternyata efektif membakar kalori lho. Tak percaya? Simak ulasannya berikut ini.

Pergi belanja

Aktivitas ini hampir tak pernah absen dalam agenda rumah tangga. Pergi ke luar, mendorong troli dan memasukkan benda-benda yang akan dibeli ke dalam troli sembari terus mendorongnya. Beban troli yang semakin banyak membuat tubuh mengeluarkan banyak energi untuk mendorongnya. Walhasil sebanyak 250 kalori terbakar hanya dengan keliling supermarket sambil mendorong troli. Hal ini sesuai dengan penjelasan Lisa Jey Davis, praktisi kebugaran berpengalaman Amerika.

Memandikan anak

Ada lagi kegiatan rumah tangga yang juga rutin Anda lakukan. Jika buah hati Anda masih kecil tentu, Anda perlu membantu memandikannya. Mulai mengangkat anak, mengambil gayung, membungkukkan badan sambil menyiramkan air ke tubuh si kecil juga termasuk aktivitas yang dapat membakar kalori. Menurut Lisa, kegiatan memandikan si kecil ini bisa membakar 260 kalori dalam tubuh. Itu untuk sekali memandikan, kalau dua kali?

Membersihkan rumah

Menyapu, mengepel dan menyedot debu adalah paket bersih-bersih rumah yang juga hampir dilakukan setiap hari. Walau tampak sepele, kegiatan ini lumayan menguras energi. Anda bisa merasakannya sendiri lelah usai membersihkan rumah. Lisa menuturkan membersihkan rumah bisa membantu membakar 330 kalori. Jika diimbangi dengan workout proses pembakaran kalorinya akan lebih besar lagi. Misalnya saja sambil menyapu membungkuk dan menegakkan badan.

Bermain dengan anak

Sebagai orang tua sudah sepatutnya menemani anak dalam keadaan apapun. Tak terkecuali menemaninya bermain. Biasanya yang sering menjadi partner si kecil di sini adalah ayah. Si kecil akan diajak jalan-jalan ke taman, pergi memancing atau mungkin bermain bola di belakang rumah. Jika buah hati Anda masih kecil, bermain kuda-kudaan barangkali yang sering dilakukan. Lisa menjelaskan aktivitas ini dapat membakar kalori sebanyak 400 kalori, sebuah jumlah yang mungkin Anda peroleh jika hanya berdiam diri saja di rumah.

Jadi, tak perlu berkecil hati lagi ya. Jika ingin menambah porsi olahraga, Anda dapat menyempatkan latihan di jam senggang seperti pukul 10 pagi di mana ayah dan si kecil sudah pergi kerja dan sekolah, sedangkan pekerjaan rumah sudah mulai beres. Meluangkan 30 menit secara rutin sudah cukup baik untuk menjaga kebugaran tubuh setiap hari.

Share artikel ini:

Artikel Terkait