@shutterstock

Ngemil Biskuit Bisa Pengaruhi Gula Darah?


Setiap makanan yang Anda makan memiliki potensi untuk menaikkan kadar gula darah tergantung pada komposisi makanan dan jenis gula yang dikandungnya. Biskuit adalah camilan yang mengandung karbohidrat. Lalu, adakah pengaruh biskuit pada kenaikan gula darah. Simak ulasan berikut ini.

Dalam mengukur seberapa besar suatu makanan mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh di sebut dengan indeks glikemik. Nah, makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan yang kandungan karbohidratnya cepat diserap tubuh sehingga kadar gula dapat naik dengan cepat. Biskuit adalah salah satu makanan dengan indeks glikemik yang tinggi.

Biskuit terbuat dari tepung, gula dan perasa makanan yang semuanya mengandung gula dalam jumlah yang tinggi. Belum lagi, jika pada biskuit terdapat tambahan topping cokelat atau berbagai macam selai yang manis. Hmm, jika mengonsumsi biskuit jenis ini kadar gula darah Anda akan langsung meroket.

Namun, berbeda dengan biskuit gandum yang ternyata aman dikonsumsi oleh penderita gula darah. Menurut Glycemic Index Foundation,  University of Sydney menyatakan bahwa biskuit gandum merupakan makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Oleh karena itu, biskuit gandum mungkin bisa menjadi pilihan camilan sehat bagi Anda penderita diabetes, tapi asalkan yang dikonsumsi adalah biskuit gandum tanpa selai cokelat ya.

Hal ini juga senada dikatakan oleh Harvard School of Public Health, jika biskuit gandum lebih banyak kandungan seratnya dari pada karbohidrat. Dengan begitu, cenderung tidak menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu juga, lemak dalam biskuit gandum dapat membantu memperlambat tingkat penyerapan gula pada aliran darah.

Jika Anda mengidap penyakit gula, lebih selektif dalam memilih makanan adalah hal wajib yang harus Anda lakukan. Terlebih lagi, Anda harus menambah pengetahuan mengenai makanan dengan indeks glikemik tinggi dan rendah. Selalu jaga kesehatan Anda dengan konsumsi makanan tepat yang rendah gula ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait