©shutterstock

Perbanyak Makan Kacang-Kacangan Kalau Ingin Tubuh Lebih Berisi

Bila banyak perempuan menginginkan tubuh yang langsing, maka tak jauh beda dengan laki-laki yang begitu mengidamkan tubuh yang berotot. Definisi ideal untuk ukuran tubuh memang tak jauh berbeda antara perempuan dan laki-laki. Keduanya sama-sama menginginkan tubuh yang proporsional, yaitu antara tinggi tubuh dan berat badan seimbang.

Selain berolahraga secara teratur, mengatur pola makan yang tepat lewat konsumsi makanan yang sehat sangat diperlukan demi terbentuknya tubuh yang proporsional. Tahukah Anda bila kacang-kacangan berikut ini bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk membentuk tubuh yang berisi? Nicholas Doukas, ahli nutrisi sekaligus natural bodybuilder Amerika dalam lansirannya di Live Strong menyampaikannya sebagai berikut.

Almond

Meski almond sebenarnya bukanlah sebuah kacang, namun banyak orang mengenal biji almond ini sebagai salah satu kacang yang kaya gizi. Almond mengandung protein yang sangat tinggi. Protein ini dibutuhkan untuk menunjang pembentukan otot tubuh saat latihan. Selain itu, vitamin E dan kalsium yang terkandung di dalamnya bisa membantu jaringan otot agar bisa terbentuk lebih optimal. Menyajikan 22 biji almond kering tanpa garam bisa menyumbangkan kalori sebanyak 169 dan protein sebanyak 5,9 gram.

Walnut

Selain almond, walnut merupakan jenis camilan yang cukup digemari. Bedanya, walnut merupakan kelompok kacang-kacangan. Walnut mengandung antioksidan yang dapat berperan sebagai anti-inflamasi bagi tubuh. Idealnya walnut disajikan sebanyak 14 biji per satu kali makan. Dari jumlah ini, tubuh akan memperoleh kalori sebanyak 185 kalori dengan protein sebanyak 4,3 gram.

Pistachios

Tak kalah dengan almond dan walnut, pistachios hadir sebagai kacang yang kaya protein dan serat di dalamnya. Kacang ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin B6 harian sebanyak 18 persen. Semangkuk kecil pistachios tanpa garam, sekitar 49 biji, mengandung 160 kalori. Dari jumlah ini dapat ditemukan protein sebanyak 5,9 gram dan serat sebanyak 2,8 gram.

Mede

Satu lagi camilan yang sering disangka kacang-kacangan namun sebenarnya bukanlah jenis tanaman kacang-kacangan, yaitu mede. Camilan ini merupakan bagian jambu monyet yang mengering. Menyajikan mede sebanyak 18 biji kering tanpa garam dapat menyumbangkan kalori sebanyak 163 kalori. Dari jumlah ini dapat ditemukan protein sebanyak 4,3 gram, omega-3 sebanyak 7,7 gram serta serat sebanyak 1 gram.

Sudah menentukan ‘kacang’ mana yang ingin Anda makan?

Share artikel ini:

Artikel Terkait