Pertolongan Pertama Saat Darah Tinggi Menyerang

Tekanan darah tinggi, atau yang dalam dunia kedokteran disebut dengan hipertensi, adalah gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat hingga di atas nilai normal, yakni 140/90 mmHg.

Orang yang mengidap hipertensi biasanya tidak mengalami gejala atau tanda-tanda tertentu kecuali jika sudah level berat atau menahun. Faktor-faktor yang dapat menambah risiko hipertensi pada seseorang antara lain umur, obesitas, asupan garam yang tinggi, alkohol, merokok, diabetes, dan keturunan/genetis.

Beberapa gejala yang umumnya terkait tekanan darah tinggi antara lain sakit kepala parah, pusing, berkeringat, mimisan, tubuh kaku, merasa tegang, dan tiba-tiba lemas.

Baca Juga : Makanan Penyebab Darah Tinggi

Lantas bagaimana jika Ibu, atau orang lain, tiba-tiba mengalami tekanan darah tinggi? Berikut ini cara penanganan pertama:

1. Tariklah nafas dalam-dalam dan embuskan agar Ibu tidak kekurangan oksigen merasa lebih tenang.

2. Jika berada di lingkungan yang membuat stres, beranjaklah dari situ. Pergilah ke lingkungan yang lebih membuat lebih rileks seperti taman atau kebun yang tidak bising.

3. Jika hidung Ibu berdarah, letakkan air dingin (atau es batu) di dahi untuk menghentikan mimisan.

4. Konsumsi minuman yang mengandung kadar kalium tinggi untuk mengimbangi tingginya kadar natrium di tubuh, agar tekanan darah menurun. Misalnya, jus buah tanpa garam.

Di samping penanganan pertama bagi hipertensi, yang juga penting diingat adalah cara pencegahan. Makanlah makanan yang sehat, seimbang, dan kurangi asupan garam. Kurangi berat badan jika Ibu kegemukan/obesitas. Minum air putih yang banyak setiap hari, dan jangan lupa sempatkan berolahraga setidaknya 2,5 jam setiap minggu.

Yang paling penting, jangan merokok dan batasi konsumsi alkohol Ibu. Semoga sehat selalu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait