vote

Rokok, Salah Satu Penyebab Penyakit Lupus

Penyakit lupus yang menyerang antibodi jaringan tubuh hingga kini belum diketahui pasti apa penyebabnya. Namun salah satu hal pasti yang diketahui bisa mempertinggi resiko terserang lupus adalah merokok.

  • Rate Artikel ini

Penyakit lupus yang menyerang antibodi jaringan tubuh hingga kini belum diketahui pasti apa penyebabnya. Namun salah satu hal pasti yang diketahui bisa mempertinggi resiko terserang lupus adalah merokok. Merokok bahkan bisa menyebabkan komplikasi lebih lanjut dari penyakit lupus.

Menurut studi dari Lupus Foundation of America tahun 2013, merokok dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Apabila tubuh memiliki gen-gen yang menjadi penyebab penyakit lupus, maka merokok akan jadi pemicunya.

Seperti yang telah diketahui, dalam rokok terdapat banyak sekali senyawa-senyawa berbahaya yang dapat meracuni tubuh. Racun masuk dalam tubuh saat menghisap rokok dan membuat tubuh semakin lemah kekebalannya. Sirkulasi racun dalam tubuh akibat rokok ini membangkitkan autoimun lupus, dan bila terjadi berulang kali maka akan bereaksi pada zat racun yang dibawa oleh rokok.

Merokok juga akan membuat penyakit lupus semakin parah karena komplikasi. Yang paling sering terjadi adalah komplikasi pada jaringan sistem pernapasan, yang menjadi lemah akibat lupus. Akibat merokok, penderita lupus bisa terserang pneumonia dan bronchitis. Resiko ini juga bisa dialami oleh perokok pasif.

Orang yang menderita lupus dalam jangka panjang dapat terserang penyakit jantung. Dengan merokok (atau sering menghirup asap rokok) maka resiko terserang penyakit jantung pun menjadi semakin besar. Untuk menghindari hal ini terjadi, segera berhenti merokok agar resiko terserang penyakit lupus jadi berkurang dan konsultasikan pada dokter untuk rekomendasi mendalam tentang mencegah penyakit lupus.

Artikel Terkait

Terbaru