©shutterstock

Saat Kuku Jari Kaki Menghitam

Ketika kuku kaki tertimpa atau menghantam benda keras, terkadang warna hitam akan muncul pada kuku tersebut dan menyebabkan rasa sakit. Ketika trauma muncul pada kuku kaki, perubahan warna ini menunjukkan adanya pendarahan di bawah lapisan kuku.

Tidak hanya menyebabkan munculnya warna hitam pada kuku kaki tapi juga menyebabkan tekanan yang besar dan menyebabkan rasa kurang nyaman yang dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Simak alasan di balik penyebab kuku kaki yang menghitam berikut ini ya.

Sepatu Terlalu Sempit

Orang yang aktif berolahraga, terutama pelari dan pesepakbola, sering mengalami kuku yang menghitam. Sepatu yang terlalu sempit bisa menjadi penyebabnya, karena kuku jari kaki yang tertekan ujung sepatu. Hal ini dapat menghambat aliran darah pada bagian bawah kuku, terutama ketika menerima tekanan yang besar pada setiap pijakan atau tendangan. Apabila hal ini terjadi terus menerus, maka dapat terjadi pendarahan pada bagian bawah kuku dan menyebabkan menghitamnya kuku kaki.

Pengobatan dan Perawatan

Apabila sakit yang dirasakan tidak seberapa, tidak perlu pergi ke dokter untuk memeriksakan keadaan kuku kaki yang menghitam. Lama kelamaan kuku akan terlepas sendiri dan akan tumbuh kuku pengganti, hanya saja ada kemungkinan kuku yang baru tidak sempurna seperti kuku asli. Lain halnya bila rasa sakit yang dirasakan sudah tidak tertahankan, segera datangi dokter untuk memeriksa keadaan jari kaki. Rasa sakit yang amat sangat dapat disebabkan oleh tekanan yang besar karena penggumpalan darah di bawah kuku. Tekanan ini dapat diredakan dengan cara mencabut kuku tersebut atau dengan melubangi kuku agar darah yang ada di bawah kuku dapat mengalir keluar.

Pencegahan

Bagi orang-orang yang bekerja di  area yang rentan tertimpa benda berat, lebih baik menggunakan sepatu keselamatan dengan pengaman keras di bagian ujungnya untuk melindungi jari kaki. Untuk berolahraga, pilihlah sepatu yang tidak terlalu sempit, usahakan ada jarak 1 cm di depan jari yang terpanjang untuk memastikan ujung jari kaki tidak tertekan ketika melakukan aktivitas olahraga. Ingatlah untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam melangkah dan meletakkan kaki.

Lakukan tindakan pencegahan sebelum kuku menghitam yang menyakitkan dan tidak enak dipandang ini terjadi pada keluarga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait