vote

Sukses Hamil, Pastikan Kapan Masa Subur Wanita

Bagi Ibu, masa subur perlu diketahui agar mempercepat terjadinya kehamilan. Segera cari tahu tanda Ibu sedang dalam masa subur di bawah ini!

  • Rate Artikel ini

Sebuah studi menunjukkan bahwa 1 dari 6 pasangan di Amerika Serikat belum juga menunjukkan adanya tanda-tanda kehadiran buah hati setelah 1 tahun menjalani program perencanaan kehamilan. Agar sukses hamil, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Tentu saja, kesuburan ini bukanlah isu kesehatan khusus wanita, tetapi juga pria. Sebagai calon orangtua, Ibu dan Ayah tentunya perlu beralih ke pola hidup sehat agar cepat memperoleh keturunan.

Bagi Ibu, masa subur perlu diketahui agar mempercepat terjadinya kehamilan. Masa subur wanita berlangsung selama 5 hingga 8 hari. Sebelum haid, biasanya Ibu akan mengalami masa subur, atau yang biasa dikenal dengan masa ovulasi. Jika Ibu mengalami masa haid yang jatuh pada akhir bulan, kurangi tanggal perkiraan haid Ibu dengan 14 hingga 16 hari. Untuk memastikan masa subur wanita dapat dilakukan dengan cara di bawah ini:

  1. Kram perut bawah

Masa subur wanita ternyata juga dapat ditandai dengan adanya rasa sakit atau kram yang terjadi di bagian perut bawah. Selain perut bawah, bagian yang turut merasakan sakit adalah punggung. Sakit punggung yang Ibu rasakan pun bukan sakit punggung pada umumnya, melainkan hanya sakit di satu sisi punggung saja. Sakit yang dirasakan merupakan pertanda adanya telur yang sudah siap dilepas dari ovarium.

  1. Mood yang baik

Adakah hubungan di antara masa subur wanita dengan mood yang baik? Tahukah Ibu, bahwa jika Ibu sedang berada pada masa subur atau berada di tengah-tengah dua siklus menstruasi, emosi dan tenaga Ibu akan semakin meningkat. Ibu pun cenderung lebih ramah dan memiliki mood yang baik.

  1. Hasil positif pada Ovulation Predictor Test

Jika siklus haid Ibu termasuk yang tidak normal, Ibu dapat menggunakan Ovulation Predictor Kit. Alat ini akan membantu Ibu untuk mengetahui masa subur dengan lebih pasti. Cara menggunakannya hamper serupa dengan alat tes kehamilan, yaitu dengan mencelupkan alat ke dalam gelas yang berisi cairan urin Ibu.  Setelah beberapa lama, hasil pun dapat segera diketahui dan Ibu pun dapat memastikan apakah Ibu sedang dalam masa subur ataupun tidak.

Artikel Terkait

Terbaru