©shutterstock

Tingkatkan Higienitas dengan Rajin Mencuci Tangan

Dalam rangka menyambut World Hand Hygiene Day, tingkatkan kesadaran mencuci tangan, dimulai dari keluarga. Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu langkah penting untuk menghindari penyakit dan penyebaran kuman ke orang lain.

Dari kegiatan mencuci tangan yang sederhana ini, ada banyak manfaat yang bisa diambil. Simak penjelasannya berikut ini ya.

Menurunkan Risiko Gangguan Saluran Pencernaan

Cuci tangan menurunkan risiko penyakkit diare dan infeksi usus, terutama pada anak-anak. Dilansir oleh Livestrong, situs penyedia informasi kesehatan, nutrisi, dan kebugaran di Amerika Serikat, diare merupakan salah satu penyebab utama kematian pada anak-anak di bawah 5 tahun di seluruh dunia. Selain itu, penyakit cacingan juga disebabkan oleh kurangnya higienitas. Centers for Disease Control and Prevention, lembaga kesehatan terkemuka di Amerika Serikat, menyarankan pencegahan penyakit tersebut dengan mencuci tangan, terutama setelah menggunakan kamar mandi, sebelum menyentuh dan mengkonsumsi makanan, bersentuhan dengan penderita penyakit, dan setelah menyentuh hewan peliharaan.

Mencegah Infeksi Mata

Penyebaran infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri, seperti trachoma, dapat dikurangi dengan mencuci tangan secara teratur. Selain itu, situs Livestrong juga mencatat manfaat lainnya yang juga dapat menurunkan kemungkinan tertular konjungtivitis, penyebab sakit mata, gatal, dan peka terhadap cahaya. CDC menyarankan untuk mencuci tangan dengan air hangat dan sabun, sebagai cara terbaik untuk mengurangi jumlah mikroba.

Menghindari Penyakit Pernafasan

Penyakit yang menyerang sistem pernafasan menyebar lewat udara. Kebiasaan menutup mulut menggunakan telapak tangan saat bersin atau batuk, menyebabkan penyebaran kuman maupun virus menjadi sangat mudah. Setiap orang bisa tertular flu setelah memegang barang-barang yang sudah disentuh oleh penderita, misalnya pegangan tangga atau kenop pintu. Selain flu, CDC mengungkapkan penyakit lain seperti cacar air, meningitis, dan infeksi streptokokus B mewabah karena minimnya kebiasaan mencuci tangan.

Menurunkan Risiko Hepatitis A

Hepatitis A adalah infeksi virus yang mempengaruhi hati dan menyebabkan penyakit kuning, nafsu makan berkurang, sakit perut, demam, dan kelelahan. Menurut situs Livestrong, penyakit ini menyebar melalui makanan yang terkontaminasi akibat tangan yang kotor. Hal ini didukung oleh National Institute of Allergy and Infectious Diseases, lembaga penelitian tentang infeksi, immunology, dan penyakit alergi, yang menyatakan penyakit akibat mencerna sisa-sisa kotoran yang mengontaminasi makanan, dapat ditularkan melalui sentuhan tangan penderitanya. Cuci tangan sebelum menyentuh mulut dan hidung, untuk mengurangi risiko penyakit hepatitis A.

Biasakan mencuci tangan sejak dini untuk menghindari aneka penyakit yang dapat menyerang kesehatan tubuh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait