©shutterstock

Tips Mengatasi Anyang-anyangan

Anyang-anyangan adalah istilah jawa dari kondisi di mana Anda selalu ingin buang air kecil tapi yang keluar hanya sedikit. Terkadang diikuti rasa ngilu dan nyeri di perut bagian bawah dan bisa merambat hingga ke lutut. Meskipun kesannya sepele, masalah ini  bisa menjadi parah kalau tidak segera diatasi. Oleh karena itu, yuk simak tips meredakan anyang-anyangan berikut ini.

Minum Banyak Air

Normalnya, tubuh manusia membutuhkan 8 gelas air atau sekitar 2 liter setiap harinya untuk menjaga kebugaran dan konsentrasi. Ketika Anda mengalami anyang-anyangan, pastikan untuk mengonsumsi 2-3 liter air setiap hari untuk melancarkan air kecil. Di sisi lain, kesehatan kandung kemih akan terjaga dan anyang-anyangan pergi dengan segera.

Vitamin C

Sebuah situs kesehatan asal Inggris, yaitu www.nhs.uk melansir bahwa meningkatkan asupan vitamin C harian dapat membantu menghilangkan anyang-anyangan selam 2-3 hari. Anda bisa mendapatkan vitamin C lewat sayuran dan buah-buahan seperti wortel atau brokoli.  Selain itu, kandungan ini juga bagus untuk memperkuat sistem imun sehingga badan selalu sehat dan kuat.

Hindari Minum Minuman Asam

Anyang-anyangan tidak bisa sembuh jika Anda masih mengonsumsi kopi, alkohol, dan jus citrus. Ketiga jenis minuman tadi bisa mengakibatkan iritasi di kandung kemih sehingga bukannya sembuh, anyang-anyangan malah semakin parah.

Jangan Pakai Celana Ketat

Celana yang terlalu ketat bisa menekan daerah kemaluan dan perut bagian bawah. Bukannya membantu menyembuhkan, hal ini malah akan memperparah keadaan. Maka dari itu, ketika Anda merasakan sesuatu yang tidak enak di sekitar alat vital, jangan mengenakan celana ketat supaya bisa diatasi dengan mudah.

Cara terakhir, kalau keempat tips tadi belum bisa menyembuhkan anyang-anyangan adalah periksa ke dokter. Ini merupakan pilihan yang harus diambil jika Anda sudah melakukan beraneka cara rumahan tapi belum sembuh juga. Paling tidak, di dokter nanti Anda akan mendapatkan perawatan yang lebih mendalam dan obat untuk membantu meredakan anyang-anyangan. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait