©shutterstock

Tips Mudah Mencegah Terjadinya Jerawat

Padatnya jadwal dan aktivitas kerja terkadang membuat badan lelah atau tidak menyisakan banyak waktu untuk membersihkan kulit. Akibatnya jerawat mulai bermunculan di wajah. Selain membuat kepercayaan diri turun, bintik-bintik merah tersebut menimbulkan rasa sakit atau nyeri apabila tersentuh.

Yuk hindari datangnya jerawat dengan cara-cara mudah ini ya.

Cuci Wajah Secara Rutin

Mencuci wajah dua kali sehari wajib dilakukan untuk menghilangkan kotoran, sel-sel kulit mati, dan kelebihan minyak dari permukaan kulit. Para ahli di Mayo Clinic, lembaga kesehatan terkemuka di Amerika Serikat, menyarankan untuk tidak melakukannya secara berlebihan karena dapat mengakibatkan kulit jadi kering dan teriritasi. Gunakan air hangat untuk membilas wajah dan produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Hindari menggosok kulit wajah dengan kain lap atau loofah agar kulit wajah tidak meradang serta keringkan kulit dengan handuk bersih agar jerawat tidak mudah menghampiri wajah.

Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi atau pengelupasan wajah ditujukan untuk membersihkan kulit dari debu, kotoran, sisa make up, dan minyak yang menyumbat pori-pori. Cara ini bisa dilakukan oleh dokter atau ahli kecantikan, bisa juga dilakukan di rumah dengan bahan-bahan alami. Lakukan seminggu sekali agar kulit tidak kering dan mudah mengalami iritasi seperti memerah, gatal-gatal, dan perih. Oleskan moisturizer setiap selesai melakukannya untuk menjaga wajah tetap lembap.

Pemakaian Moisturizer

Setelah mencuci wajah, gunakan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit, untuk menghindarkan kulit dari kering dan risiko teriritasi. situs WebMD, penyedia informasi kesehatan terkemuka di Amerika Serikat, menyarankan untuk memilih produk yang berlabel non comedogenic, yang tidak menyumbat kulit wajah dan menyebabkan jerawat.

Bersihkan Wajah dari Riasan

Bersihkan wajah setelah selesai menggunakan make up, menggunakan pembersih khusus bebas minyak, tanpa pewarna tambahan, dan bahan kimia. Sisa-sisa riasan yang masih menempel pada kulit wajah dapat menyebabkan kulit meradang dan berjerawat. Pilih produk yang berlabel non comedogenic dan oil free agar kelebihan minyak tidak menyumbat pori-pori.

Jauhkan Tangan dari Wajah

Sering berjerawat di dagu atau pipi? Bisa saja disebabkan oleh tangan yang sering menyentuh bagian wajah tersebut. Hindari menyentuh kulit wajah terlalu sering karena dapat memindahkan kotoran atau kuman. Situs WebMD juga menyarankan untuk menjauhkan kebiasaan memencet jerawat atau komedo yang dapat membuat jerawat makin parah dan teriritasi.

Lakukan cara-cara mudah di atas agar kulit terhindar dari jerawat ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait