@shutterstock

Trik Menurunkan Indeks Glikemik

Bagi Anda penderita kadar gula tinggi, pastinya sangat mengenal mana makanan dengan indeks glikemik tinggi dan mana makanan dengan indeks glikemik rendah. Namun, tahukah Anda ternyata ada trik yang bisa dilakukan untuk menurunkan indeks glikemik makanan Anda. Mau tahu lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut ini.

Pilih makanan yang minim proses pengolahannya
Penelitian oleh Harvard University menunjukkan bahwa makanan dengan pengolahan yang lebih lama dapat menambah indeks glikemik. Hal ini berarti, makanan yang belum mengalami pengolahan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Misalnya, buah segar memiliki indeks glikemik yang rendah namun ketika telah di olah menjadi buah kering, manisan atau jus buah berubah menjadi makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Seimbangkan dengan protein dan lemak sehat
Menurut penelitian pada University of California di Los Angles menambahkan  lemak sehat dan protein pada menu makanan Anda dapat menurunkan indeks glikemik pada keseluruhan makanan. Karena lemak sehat dan protein dapat memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Contohnya, tambahkan irisan alpukat sumber lemak sehat saat memakan hamburger. Kemudian, saat makan apel celupkan pada selai kacang yang mengandung protein, lemak sehat dan serat.  

Tambahkan makanan kaya serat
Makanan kaya serat seperti serat kaya sehat, pasta, sayuran dan buah adalah makanan dengan indeks glikemik rendah. Dengan menambahkan porsi makanan kaya serat ini dapat menurunkan kadar indeks glikemik pada makanan yang Anda konsumsi lho.

Bagaimana, Anda ingin mencobanya? Selalu jaga pola makan dan menu pilihan Anda agar kadar gula darah selalu normal, ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait