Ketahui Saat Yang Tepat Menangani Penyebab Pusing

Penyebab pusing dapat bervariasi. Oleh karena itu, Ibu perlu mengetahui cara mengatasi pusing lebih lanjut tergantung dari pengaruh pusing tersebut beserta penyebabnya. Menurut Heidi Moawad, seorang neurologis, pusing merupakan pertanda umum bahwa tubuh mengalami suatu keluhan.  

Pusing sebenarnya dapat diatasi dengan cara yang tergolong mudah, apabila penyebab pusing dirasa tidak terlalu serius. Namun, pusing juga dapat menjadi salah satu gejala penyakit serius lho, Bu. Lalu, kapankah pusing perlu diwaspadai dan ditangani lebih lanjut?

  1. Frekuensi pusing meningkat

Ibu perlu mewaspadai pusing apabila frekuensi pusing menjadi semakin meningkat seiring waktu. Selain itu, durasi pusing juga perlu Ibu perhatikan. Apabila semula dapat diatasi dengan cara yang simpel, namun lama-kelamaan menjadi semakin sulit diatasi, Ibu perlu berkonsultasi lebih lanjut mengenai hal ini kepada dokter.

  1. Mengganggu keseimbangan tubuh

Pusing juga dapat mempengaruhi keseimbangan. Jika Ibu mengalami pusing yang dapat mengganggu keseimbangan, koordinasi, serta pada saat Ibu berjalan, itu menandakan bahwa penyebab pusing yang Ibu alami perlu diketahui lebih lanjut. Kondisi pusing yang mengganggu keseimbangan tubuh biasanya disebut dengan vertigo. Vertigo adalah keadaan seolah-olah lingkungan sekitar terasa berputar. Penyakit vertigo tentunya perlu penanganan lebih lanjut karena penderitanya beresiko jatuh serta mengalami muntah-muntah akibat sensasi berputar yang ditimbulkan.

  1. Pusing diikuti dengan gangguan lain

Ibu perlu mengkhawatirkan rasa pusing yang dialami apabila diikuti oleh gangguan yang lain, misalnya demam, muntah, diare, lemah, kesulitan berbicara, atau masalah penglihatan. Gangguan-gangguan tersebut dapat menjadi indikasi bahwa tubuh sedang mengalami penyakit yang lebih serius. Segera konsultasikan ke dokter agar penyakit dapat terdeteksi sejak dini ya, Bu.

  1.  Sehabis kepala terbentur

Kepala yang terbentur biasanya akan menimbulkan rasa pusing. Namun, jika pusing sehabis kepala terbentur semakin akut, sebaiknya hal tersebut tidak dianggap remeh. Rasa pusing yang terjadi dapat juga menandakan bahwa benturan yang baru terjadi berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait