@shutterstock

Khasiat Susu Untuk Segala Usia

Berapa pun usia Anda, meminum susu akan memberikan kebaikan bagi kesehatan. Salah satu penulis Nestle, Dr. Handrawan Nadesul, menyatakan susu diciptakan sebagai menu alami terlengkap yang pernah ada. Oleh karena itu, susu dapat dikonsumsi oleh segala usia dan memiliki manfaat yang berbeda-beda. Mau tahu lebih lanjut, simak ulasan berikut ini ya.

Peran susu bagi perkembangan anak
Susu sangat penting peranannya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Ketika lahir, ASI menjadi makanan utama karena kandungan nutrisinya yang lengkap sehingga tidak perlu tambahan makanan lain.

Seiring dengan bertambahnya usia, peran susu berubah menjadi pendamping menu utama. Susu dibutuhkan untuk menguatkan otot, tulang dan gigi serta membantu perkembangan otak anak. Kandungan vitamin B12 pada susu juga membantu sistem saraf serta pembentukan sel darah merah.

Manfaat susu bagi usia produktif
Berbeda dengan peran susu bagi anak, manfaat susu bagi orang dewasa atau usia produktif adalah memelihara sel dan jaringan. Selain itu, susu juga bermanfaat sebagai pencegahan penyakit seperti osteoporosis, kanker usus besar, risiko PMS dan migren.

Peran susu bagi lansia
Saat lanjut usia asupan menu harian tidak lagi tercukupi dengan baik seperti pada saat masih muda. Hal ini mengakibatkan tubuh perlu protein dan kalsium ekstra untuk melengkapi kebutuhan harian tubuh. Susu memberikan asupan kalsium dan vitamin D untuk mengurangi risiko osteoporosis bagi lansia. Dengan kecukupan protein yang terkandung dalam susu dapat membantu kepadatan atau massa tulang agar tidak mudah rapuh.

Menurut Dr. Handrawan Nadesul kebiasaan orang barat meminum susu sama persis dengan kebiasaanya meminum air putih. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan orang barat masih begitu sehat dan kuat di masa lanjut usia.

Anda ingin seperti mereka? Yuk mulai biasakan lagi minum susu tiga kali sehari agar tubuh senantiasa sehat dan bugar jauh dari osteoporosis. Semoga bermanfaat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait