Kiat Mendorong Anak Menjadi Aktif

Umumnya anak yang aktif dan enerjik, lebih sehat, kuat, dan tangkas. Karena cukup aktifitas fisik, dapat mendukung lancarnya metabolisme dalam tubuh yang penting untuk menjaga kesehatan dan stamina. Anak sehat dan aktif juga memiliki kapasitas belajar lebih baik. Doronglah putra-putri Anda untuk lebih aktif di masa pertumbuhan. Agar kelak tumbuh sehat dan bugar ketika dewasa.

Beberapa tips untuk membantu agar putra-putri Anda menjadi lebih aktf:

  • Ikut sertakan anak sebagai anggota klub yang sesuai dengan minat mereka. Seperti klub basket, sepak bola, tenis atau renang, soft ball, atau aktifitas lainnya seperti kelas tari, marching band, bertanam bunga, pramuka, palang merah dll.
  • Batasi waktu menonton TV dan bermain dengan monitor komputer, maksimum 1-2 jam sehari. Agar mereka punya lebih banyak waktu untuk melakukan aktifitas fisik seperti olahraga.
  • Pilih hadiah untuk anak yang dapat memperbanyak aktivitas fisik sesuai minat mereka. Misalnya, perlengkapan olahraga, berkebun, sepeda, dan perlengkapan main diluar rumah (out-door) seperti tenda, tali-temali, dsb.
  • Buatlah jadwal kegiatan di luar rumah lebih membutuhkan banyak gerak tetapi menyenangkan anak (fun). Misal, menanam bunga, membersihkan berbenah rumah, membersihkan halaman, berkemah, atau bermain bersama seperti galasin, petak umpet, kejar-kejaran, lompat tali.
  • Jadilah contoh bagi anak-anak dalam beraktivitas fisik. Misalnya, tidak hanya menyuruh anak tetapi mengajak bersama antara lain: jogging, bersepeda, pada pokoknya melibatkan anak untuk turut gerak-badan, olahraga, bermain bersama.
  • Jangan lupa tetap memberi asupan gizi dan energi memadai dari aneka ragam makanan sehari-hari guna mendukung aktifitas fisik. Karena bila anak kekurangan energi (dari makanan/minuman) tanpa disadari anak akan menghematnya dengan mengurangi (baca malas) berkatifitas fisisk.

Share artikel ini:

Artikel Terkait