Kiat Mudah Menghilangkan Nyeri Penyakit Gondongan

Menyaksikan si Kecil mengalami sakit tentu bukan suatu hal yang menyenangkan bagi ibu. Sehingga penting bagi ibu untuk menjaga kesehatan si Kecil agar tak gampang terserang penyakit.

Salah satu penyakit yang dapat menyerang ketika masa anak-anak adalah gondongan. Jika ibu mengetahui seluk-beluk penyakit gondongan, maka ibu tidak akan terlalu panik apabila si Kecil terserang gondongan.

Memang, saat ini cukup banyak obat yang mampu mengobati gondongan, tetapi tidak ada salahnya Ibu mencoba melakukan hal berikut agar rasa tidak nyaman dan sakit yang si Kecil rasakan dapat diatasi, seperti:

  1. Kompres menggunakan air hangat

Ini merupakan alternatif mudah untuk meredakan gondongan si Kecil. Seperti yang Ibu ketahui, jika penderita gondongan akan merasakan nyeri. Untuk mengurangi rasa sakitnya itu, Ibu dapat mengompresnya menggunakan air hangat dengan cara cukup gunakan handuk kecil yang bersih serta air hangat ya, Bu.

  1. Selektif memilih makanan

Si Kecil yang sedang terkena penyakit gondongan mungkin akan kehilangan selera makannya. Agar nutrisinya tetap tercukupi, Ibu perlu memberikannya makanan yang mudah dicerna. Hindari makanan yang membutuhkan waktu lama untuk dikunyah dan bertekstur keras. Untuk menyiasatinya, Ibu dapat memberikan sup yang menyegarkan serta aneka makanan yang bertekstur lembut. Makanan yang rasanya asam juga perlu dihindari karena dapat meningkatkan produksi air liur dan meningkatkan rasa nyeri si Kecil.

  1. Minum air yang cukup

Penyakit gondongan juga dapat disertai dengan demam. Agar menghindari kondisi dehidrasi pada si Kecil, Ibu sebaiknya memberikan si Kecil konsumsi air yang banyak agar demamnya dapat segera turun.

Yuk, jangan biarkan penyakit gondongan menghilangkan keceriaan si Kecil, ya Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait