Kiat Pintar Menyediakan Lemari Obat

Bu, apa sih pentingnya memiliki lemari obat di rumah? Menurut Dr. Handrawan Nadesul lemari obat harusnya dimiliki oleh setiap rumah tangga. Meski tidak semua jenis obat diperlukan, namun kehadiran lemari obat bisa memberikan pertolongan sementara pada anggota keluarga terhadap ancaman serangan penyakit.

Obat-obat apa sajakah yang diperlukan di lemari obat? Utamakan memiliki obat yang bertujuan untuk memberikan pertolongan utama. Obat tersebut diantaranya seperti obat diare, obat demam, antiflu, antinyeri, oralit, dan untuk perawatan luka sediakan P3K. Di luar jenis obat-obatan tersebut, jika anggota keluarga ada yang mengidap asma sebaiknya sediakan juga tabung oksigen yang akan berguna jika terjadi sesak nafas mendadak.

Obat-obat yang disimpan di lemari haruslah berdasarkan saran dokter. Perlu diperhatikan juga bahwa jenis obat-obatan tersebut memiliki masa kadarluarsa. Maka, perlu diperiksa secara berkala apakah perlu diganti dengan yang baru. Yang harus diperhatikan lagi adalah, pemberian label pada obat untuk menghindari salah ambil.

Obat-obatan yang dijual bebas bukan merupakan obat yang dapat dikonsumsi untuk waktu yang lama. Obat-obatan tersebut hanya dianjurkan untuk memberikan pertolongan pertama saat terjadi gejala. Misalnya, pada obat batuk tertera keterangan bila dalam waktu sekian batuk belum mereda, hentikan pemakaian obat ini dan segera minta nasehat dokter.

Mempersiapakan obat-obatan di rumah sebagai pertolongan pertama memang sangat baik. Namun, Ibu juga perlu memperhatikan cara pemakaian obat, tanggal kadaluwarsa, dan jenis obat yang digunakan ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait