vote

Lakukan Perubahan Pola Makan Ini Guna Hindari Gejala Kolesterol

Kolesterol tinggi memang seringkali jadi hal yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Karena dampak buruk dari kolesterol tinggi ini bisa jadi berakibat pada banyak penyakit kronis hingga berujung kematian.

  • Rate Artikel ini

Kolesterol tinggi memang seringkali jadi hal yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Karena dampak buruk dari kolesterol tinggi ini bisa jadi berakibat pada banyak penyakit kronis hingga berujung kematian. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini tentu akan mengancam kesehatan setiap penduduk Indonesia. Ibu, beberapa penyakit yang bisa timbul karena nilai normal kolesterol tidak dijaga, diantaranya mencakup jantung, stroke hingga penyumbatan pembuluh darah.

Maka akankah lebih baik hal ini segera dicegah sebelum jadi berakibat fatal. Sehingga Ibu perlu mengetahui berbagai tanda dan gejala yang menyertai kolesterol tinggi. Ini sebagai bentuk antisipasi dan kewaspadaan terhadap penyakit yang satu ini. Karena ada banyak faktor yang bisa sebabkan nilai normal kolesterol jadi tidak stabil hingga berakibat penyakit berbahaya. Sebagai aktivitas yang perlu diperhatikan sejak awal, berikut beberapa poin mengenai pola makan yang perlu Ibu perhatikan :

  1. Pengetahuan mengenai kolesterol sangatlah penting. Carilah informasi mengenai apa yang Ibu makan beserta kandungannya agar Ibu mampu mengontrol porsi makan Ibu.
  2. Kurangi asupan makanan berlemak terutama lemak jenuh. Utamakan makanan makanan sehat dengan porsi yang seimbang.
  3. Dilansir dari CDC, makanan berserat seperti buah dan sayur juga dapat Ibu konsumsi agar menggantikan makanan yang berkolesterol tinggi. Dengan demikian, nilai normal kolesterol tetap dapat Ibu jaga.
  4. Perbanyak protein yang berasal dari kedelai. Selain itu, makanan yang mengandung sterol dan stanol tumbuhan juga diperlukan, seperti minyak nabati, kacang-kacangan, padi, biji-bijian dan sayuran. Dilansir dari Mayoclinic, mengonsumsi makanan yang berasal dari kedelai dapat menurunkan nilai kolesterol, walaupun tidak secara signifikan. Mengonsumsi kedelai juga tergolong rendah lemak, serta mengandung aneka vitamin, mineral, dan juga serat.

Artikel Terkait

Terbaru