@shutterstock

Langkah Mudah Berhenti Makan Gula

Manisnya gula dapat membuat ketagihan. Anda pasti akan kesulitan ketika ingin mengurangi  makan gula, karena semua makanan kesukaan harus terasa manis. Beberapa langkah sederhana bisa dilakukan untuk membantu Anda agar berhenti makan gula, seperti berikut ini.

Makan Teratur
Konsumsilah makanan yang bergizi seimbang ketika sarapan. Sarapan dengan gizi yang seimbang akan membuat insulin dan kadar gula darah tetap stabil. Ketika tingkat glukosa menurun, tubuh  ingin merasakan makanan manis dan memaksa Anda mengonsumsi gula. Jangan tergoda, Anda justru makan secara teratur untuk menjadi cara yang efektif untuk mencegahnya.

Hindari Makanan Olahan
Dari semua jenis makanan olahan, tidak hanya permen yang mengandung gula. Hampir semua makanan olahan mengandung gula dalam kadar yang tinggi. Makanan utuh, seperti buah-buahan segar mengandung banyak gula alami, termasuk serat dan nutrisi lainnya yang bisa menghindarkan tubuh Anda dari sugar rush atau kecanduan gula.

Makan Makanan Berprotein Tinggi
Kroll dan Dr. Lipman, seorang dokter integratif memberi rekomendasi untuk menambahkan protein ke dalam makanan Anda setiap kali makan. Protein  akan membuat perut kenyang lebih lama dan menjaga gula darah tetap stabil. Selain protein, lemak juga bisa membuat Anda merasa kenyang, tetapi pilihlah lemak sehat agar tidak menimbulkan efek buruk pada kesehatan.

Hindari Pemanis Buatan
Aspartan dan sukrosa yang ada di pemanis buatan membuat Anda sulit untuk mengontrol rasa ingin merasakan makanan manis. Faktanya, pemanis buatan memilik rasa yang lebih manis dari gula. Kroll mengatakan bahwa Anda bisa menggunakan stevia sebagai alternatif pengganti gula.

Gerakkan Kaki
Jalan-jalan yang dimaksud bukanlah ke mal, tetapi pergi kemana saja dengan jalan kaki. Buatlah jarak yang ingin Anda tempuh dengan berjalan kaki. Tubuh akan melepaskan hormon endorphine yang memberikan perasaan senang dalam otak sehingga Anda akan melupakan keinginan untuk makan selam berjalan-jalan.

Tidak mengisi kulkas Anda dengan makanan ringan yang mengandung banyak gula juga banyak membantu, lho. Gantilah dengan sereal rendah gula, kacang walnut atau buah-buahan segar. Dengan begitu asupan nutrisi tubuh akan tetap terjaga dan asupan gula akan mulai berkurang. Selamat Mencoba.

Share artikel ini:

Artikel Terkait