@shutterstock

Lengan Nyeri Tanda Jantung Tak Sehat. Benarkah?

Sering mengangkat beban yang berat, kadang membuat otot lengan terasa nyeri. Banyak orang menganggap hal ini hanya sebatas nyeri biasa dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, tahukah Anda jika nyeri pada lengan bisa menjadi salah satu tanda gejala penyakit jantung? Meski tidak serta merta menjadi tanda mutlak, tetapi dengan ulasan berikut ini tidak menutup kemungkinan hal tersebut benar.

Berikut ulasan lengkap dari Dr. Ann M. Hester, spesialis penyakit dalam sekaligus pembuat aplikasi kesehatan 'Patient Whiz' pada perangkat lunak iPhone, iOS.

Nyeri lengan disertai nyeri dada
Menurut Dr. Ann, keadaan nyeri seperti ini sering terjadi setelah jatuh saat sedang olahraga. Walau hal ini jarang terjadi, tetapi cobalah untuk meregangkan dada. Jika lengan Anda terasa sakit, ada kemungkinan ada cedera yang terjadi pada jantung. Guna memastikan benar tidaknya, segera periksakan ke dokter agar bisa dilakukan penanganan sedini mungkin.

Nyeri lengan bersamaan sakit yang lain
Dr. Ann mengatakan nyeri pada dada yang bersamaan dengan nyeri lengan bukanlah tanda satu-satunya gangguan pada jantung. Kadang banyak orang yang tak merasa nyeri pada dadanya secara langsung. Sebaliknya, ada tanda lain yang lebih tampak dan itu terjadi bersamaan dengan nyeri pada lengan. Misalnya saja, mengalami sesak napas, mual, gangguan pencernaan, pusing, berkeringat dan detak jantung yang semakin cepat. Jika nyeri lengan bersamaan dengan gejala tersebut, ada kemungkinan jantung benar-benar dalam kondisi tidak sehat.

Tanda saraf terjepit
Nyeri pada lengan, terutama pada lengan kiri tak melulu menjadi tanda dari penyakit jantung. Kadang nyeri ini terjadi lantaran memaksa lengan mengangkat beban berat secara tiba-tiba. Hal ini akan menyebabkan saraf terjepit pada leher dan rasa sakitnya merambat hingga ke lengan. Gangguan nyeri akibat mengangkat beban, biasanya sangat sedikit yang bermuara ke penyakit jantung. Demikian yang disampaikan oleh Dr. Ann yang pencipta aplikasi Total en Salud health app di Spanyol ini.

Nyeri berkepanjangan
Lebih lanjut, Dr. Ann menegaskan rasa nyeri pada lengan yang terjadi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun bukanlah tanda dari penyakit jantung. Kondisi seperti ini biasanya terjadi akibat cedera pada bagian tendinitis dan arthritis. Di samping itu, jika nyeri terjadi sekilas akibat memutar leher, juga bukanlah tanda dari gangguan kesehatan jantung.

Maka dari itu, lakukan medical check-up secara rutin. Selain untuk mengantisipasi terjadinya penyakit yang berbahaya, juga untuk memastikan kondisi jantung dalam keadaan sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait