@shutterstock

Lindungi Keluarga Dari Bahaya Penyakit Diabetes

Ibu mana sih yang rela anggota keluarganya mengalami sakit? Jangankan mengalami sakit keras, digigit  nyamuk pun ibu tak rela jika itu terjadi pada buah hati atau keluarganya. Namun, apa dikata jika penyakit tersebut terjadi tanpa ada kesadaran atau turunan. Tentu Ibu pun tak akan mampu berbuat apa-apa selain hanya menunggui nasib dan berpasrah diri.

Sebelum jauh ke sana, ada baiknya Anda mulai melakukan pencegahan sejak dini. Diabetes bukan penyakit yang tak bisa dicegah, asalkan masih tahap awal. Anda dapat melakukan pencegahan seperti dengan cara berikut ini:

Mengontrol berat badan
Bukan hanya tubuh ideal yang akan Anda dapatkan jika rajin menjaga berat badan tetap seimbang. Dalam artian umum, berat badan ideal diketahui manakala antara tinggi dan berat badan dapat terbentuk secara seimbang. Dengan tubuh yang proporsional, kontrol gula darah juga ikut seimbang. Hal ini dikarenakan gula yang ada dalam tubuh diubah menjadi energi bukan tumpukan lemak yang akhirnya membuat berat badan menjadi naik. Penjelasan ini sesuai hasil penelitian Sekolah Kesehatan Harvard.

Banyak gerak dan matikan TV
Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah bermalas-malasan sembari melihat tayangan TV. Belum lagi jika dibarengi dengan kebiasaan ngemil yang berlebihan. Tanpa mempedulikan porsi asupan yang dimakan, mulut terus saja mengunyah makanan yang diantarkan oleh tangan. Jangan kaget, jika dalam hitungan minggu berat badan naik pun gula darah yang ada dalam darah.

Untuk menurunkannya kembali, matikan televisi Anda dan segeralah pergi berolahraga. Ajaklah si kecil dan anggota keluarga yang lain. Walau sebatas jalan-jalan pagi, kegiatan ini sudah cukup membakar kalori yang dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi. Anda pun lebih semangat untuk bekerja dan tak mudah mengalami gangguan kesehatan. Utamanya yang berhubungan dengan penyakit gula.

Jauhi alkohol dan rokok
Penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School, juga menambahkan faktor utama yang sangat berpengaruh terhadap munculnya beragam penyakit degeneratif adalah rokok dan alkohol. Tak terkecuali peningkatan kadar gula dalam darah yang bisa meningkat dengan tajam usia merokok pun meminum minuman beralkohol. Maka dari itu, jauhkan si kecil dari hal-hal berbahaya ini. Jagalah buah hati Anda dan keluarga agar senantiasa menjalani hidup yang sehat secara total.

Jangan lupa atur pola makan yang benar. Kurangi asupan gula yang berlebihan pun garam. Kedua, pelengkap dan penyedap makanan ini sangat mempengaruhi naik tidaknya kadar gula dalam darah. Biar lebih paham tentang pola makan yang sehat dan bebas diabetes, konsultasikan dengan dokter tentang hal-hal lain yang ingin lebih Anda ketahui seputar pencegahan penyakit gula ini.

Share artikel ini:

Artikel Terkait