@shutterstock

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Punya masalah dengan tekanan gula darah? Bisa jadi Anda terkena risiko diabetes.

Orang yang memiliki risiko diabetes harus berhati-hati menjaga pola makan. Tidak hanya itu, orang yang telah mengalami diabetes juga harus menjaga pola makan agar diabetes mereka bisa cepat disembuhkan. Berikut ini adalah makanan yang pas bagi penderita diabetes, ataupun bagi Anda yang mengalami risiko diabetes.

Kacang-kacangan dan Biji-Bijian
Jika Anda mencari makanan yang tidak akan membuat gula darah naik, pilihlah kacang-kacangan. Kacang mengandung karbohidrat berkualitas tinggi, protein, serat, dan rendah lemak. Kandungan tersebut akan membantu tubuh dalam menjaga gula darah tetap stabil dan memberikan rasa kenyang sehingga Anda tidak mudah lapar.

Oatmeal
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian serta makanan berserat tinggi akan mengurangi risiko diabetes sekitar 35 sampai 42 persen. Makan semangkuk oatmeal akan membantu tubuh menjaga gula darah, dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Tambahkan 1 sampai 2 sendok makan pecan cincang, almond, atau walnut untuk menambah protein dan lemak sehat dalam sarapan Anda.

Ikan
Sumber lain protein yang memiliki manfaat luar biasa adalah ikan segar. Pilihlah variasi ikan air tawar, seperti lele, cod, atau nila. Ikan yang memiliki daging berwarna putih akan sangat sehat bila diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Tambahkan sayuran dan kacang-kacangan agar olahan ikan Anda memiliki karbohidrat dan tidak membuat gula darah melonjak tinggi.

Putih Telur
Putih telur tinggi akan kandungan protein dan rendah karbohidrat. Putih telur adalah pilihan yang tepat untuk mencegah dan mengendalikan diabetes tipe 2. Sejumlah besar putih telur mengandung 16 kalori dan 4 gram protein berkualitas tinggi. Makan putih telur akan membantu tubuh mengendalikan tingkat gula darah dan membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Alpukat
Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi. Lemak tak jenuh tunggal termasuk dalam jenis lemak sehat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal akan meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal juga meningkatkan kesehatan jantung. Menambahkan beberapa irisan alpukat pada sandwich atau mengolah alpukat dengan perasan air jeruk, ketumbar, dan tomat sebagai saus akan membuat makanan Anda menjadi kaya nutrisi.

Nah, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi mencari makanan yang pas. Menjaga pola makan yang teratur dan sehat akan menjauhkan tubuh Anda dari berbagai macam masalah kesehatan. Untuk itu mulai biasakan mengonsumsi makanan sehat dari sekarang.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait