vote

Manfaat Menyiapkan Menu Sehat untuk Anak

Sebagai orang tua, tentunya Ibu wajib memperhatikan menu sehat untuk anak. Maklum saja, terkadang si Kecil memang lebih suka jajan dibandingkan makan masakan yang sudah disiapkan. Padahal, makanan di luar belum tentu terjamin kebersihan dan kesehatannya.

  • Rate Artikel ini

Sebagai orang tua, tentunya Ibu wajib memperhatikan menu sehat untuk anak. Maklum saja, terkadang si Kecil memang lebih suka jajan dibandingkan makan masakan yang sudah disiapkan. Padahal, makanan di luar belum tentu terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Bagi Ibu yang ingin menjaga si Kecil dari ancaman bakteri penyebab aneka penyakit, salah satu caranya adalah memasak sendiri kebutuhan makan si Kecil di rumah. Bukan berarti tidak diperbolehkan makan di luar, hanya saja tentunya lebih baik jika si Kecil mengonsumsi makanan yang terjamin nutrisinya. Nah, berikut ini manfaat yang bisa Ibu dapatkan jika memilih untuk menyiapkan sendiri menu sehat untuk anak. Ibu wajib tahu lho! Yuk disimak!

  1. Kendali penuh

Dengan menyiapkan sendiri kebutuhan makan si Kecil, maka artinya Ibu memegang kendali penuh terhadap apa saja yang masuk ke saluran pencernaannya. Hal demikian sangat bermanfaat untuk mengetahui riwayat makanan yang masuk ke dalam perut si Kecil jika suatu waktu si Kecil tiba-tiba mengalami alergi, sakit atau mengalami perbedaan kondisi badan.

  1. Penanaman kebiasaan sehat

Membiasakan memberikan makan menu sehat untuk anak di rumah adalah sesuatu hal positif yang harus dikembangkan sejak dini. Kebiasaan tersebut juga otomatis Ibu tanamkan pada si Kecil ketika Ibu menyiapkan makanan sehatnya.

  1. Lebih hemat

Pengeluaran untuk makan di luar jelas melebihi kebutuhan belanja setiap hari. Betul kan Ibu? Harganya memang jauh lebih mahal jika kita terbiasa makan dari luar. Untuk itu, menyiapkan kebutuhan menu sehat untuk anak bisa membuat Ibu lebih menekan biaya pengeluaran alias berhemat.

  1. Terjamin

Kualitas yang terjamin seperti makanan yang higienis, mengandung zat yang dibutuhkan tubuh dan berbagai vitamin serta mineral pasti sudah Ibu persiapkan saat menyiapkan menu sehat si Kecil. Jadi, tidak perlu cemas lagi dengan kualitas makanan si Kecil, Ibu pun dapat membantu menjaga kesehatan tubuhnya.

  1. Variatif

Menyajikan sayuran ternyata tidak hanya bisa ditumis saja. Dengan menyiapkan menu sehat untuk anak, Ibu bisa memadukan atau menciptakan banyak menu yang variatif. Apalagi, pada zaman sekarang sudah banyak resep-resep yang bisa dipraktikkan di rumah untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil. Misalnya, selain ditumis, Ibu pun dapat menyajikan sayuran dalam bentuk salad.

Nah, setelah mengetahui manfaat menyiapkan sendiri menu sehat untuk anak, jangan lupa untuk menentukan cara memasak yang sehat seperti hindari terlalu sering menggoreng aneka lauk pauk karena tentunya dapat mempengaruhi kesehatan seluruh anggota keluarga ya, Bu. 

Artikel Terkait

Terbaru