Manfaat Yoga untuk Kesehatan, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

1a9fb4fac419b2d558ee7ce417b27f74602cd640.jpeg

Yoga semakin diminati banyak orang karena dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat yoga untuk kesehatan adalah dengan olah tubuh dan pikiran, yoga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar, juga mengurangi stress. Stress bisa menyebabkan tubuh lelah dan mudah terserang penyakit, melemahkan kekebalan tubuh. Apalagi di musim hujan, saat cuaca berubah-ubah membuat tubuh mudah terserang flu.

Dengan melakukan gerakan yoga secara rutin, kekebalan tubuh bisa kembali dan tubuh pun tidak lagi mudah terserang penyakit. Bagaimana yoga bisa mengembalikan kekebalan tubuh? Simak ulasannya berikut ini:

Melatih Pernapasan

Pernapasan dalam yoga atau pranayama menambah aliran oksigen ke darah dan memperbaiki efektifitas paru-paru, membantu membangun ketahanan tubuh dari infeksi-infeksi penyakit. Saat melakukan yoga, banyak gerakan yang butuh menarik nafas panjang, mengoptimalisasi aliran oksigen ke darah untuk disalurkan ke organ-organ tubuh lainnya.

Gerakan Yoga Membentuk Kekebalan Tubuh

Manfaat yoga untuk kesehatan ada pada gerakan-gerakan yoga tertentu seperti headstand, shoulder-stand dan legs-up-the-wall membantu sirkulasi cairan getah bening melalui sistem limfatik. Sistem limfatik berfungsi menyaring racun dari darah dan mengangkut sel-sel kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Meditasi

Manfaat yoga untuk kesehatan bisa didapatkan dengan melakukan meditasi. Saat meditasi, tubuh melepaskan diri dari stress yang membuat tubuh dan pikiran lelah. Dengan begitu, tubuh dan pikiran diberikan kesempatan untuk menyembuhkan diri, sekaligus juga membentuk kekebalan tubuh agar tidak mudah lelah dan terserang penyakit.

Lebih Dekat dengan Alam

Yoga diminati karena olahraga ini mudah dilakukan dimana saja, termasuk di alam terbuka. Saat melakukan yoga di luar ruangan, tubuh akan menyerap vitamin D dari matahari, dan memberikan kekebalan tubuh alami. Cukup lakukan 20 menit saja agar kulit tidak terbakar matahari.

Improvisasi Gerakan

Gerakan-gerakan yoga yang berpusat di perut, seperti Jathara Parivartanasana (memutar perut) atau Ardha Matsyendrasana (Duduk dengan kaki bersilang) dapat memperbaiki saluran pencernaan, sehingga racun-racun dalam tubuh pun hilang. Dengan begitu, tubuh pun akan terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh racun ini.