vote

Mari Kenali Penyebab Gigi Ngilu

Penyebab gigi ngilu ini karena email gigi yang terkikis atau menipis. Sehingga udara atau ludah berkontak langsung dengan lapisan dentin yang terletak di bawah email dan berhubungan dengan ruang syaraf. Ini karena rangsangan makanan dan minuman yang terlalu dingin atau panas.

  • Rate Artikel ini

Salah satu masalah gigi yang seringkali dialami adalah ngilu. Ibu mungkin pernah mengalami gigi ngilu seperti ini. Rasa seperti ini tentu tak membuat nyaman siapapun. Ibu juga perlu tahu apa sebenarnya penyebab gigi ngilu tersebut. Supaya tahu tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi ngilu.

Gigi ngilu ini bisa jadi pertanda gigi Ibu sensitif. Dikutip dari buku Serba Serbi Kesehatan Perempuan: Apa yang Perlu Kamu tahu tentang Tubuhmu oleh Sallika NS, penyebab gigi ngilu ini karena email gigi yang terkikis atau menipis. Sehingga udara atau ludah berkontak langsung dengan lapisan dentin yang terletak di bawah email dan berhubungan dengan ruang syaraf. Ini karena rangsangan makanan dan minuman yang terlalu dingin atau panas. Yuk, langsung simak sebab gigi sensitif ini.

  1. Pengaruh usia juga bisa jadi penyebab gigi ngilu. Ini karena terjadi penurunan gusi pada lansia di mana fungsi gigi telah digunakan lama. Penurunan gusi dapat terjadi hingga akar gigi terlihat. Ini biasanya terjadi karena proses menyikat gigi yang dilakukan Ibu terlalu keras. Yuk ubah perilaku Ibu agar lebih halus ketika menyikat gigi. Perlu diingat, semakin keras menyikat bukan berarti menjadi semakin bersih, lho.
  2. Kebersihan gigi yang buruk yang tidak dijaga dengan baik. Sisa makanan yang mengendap akhirnya akan menekan gusi hingga akar gigi terlihat.
  3. Penyakit periodontal atau infeksi pada jaringan yang menyokong gigi, yang bisa mengakibatkan penurunan gusi.
  4. Kebiasaan menggertak gigi juga dapat menjadi penyebab gigi ngilu. Gigi yang sering digertak akan mengalami pengikisan lapisan terluar.
  5. Gigi berlubang hingga mengalami kerusakan bagian email (lapisan gigi yang paling keras). Ini tentunya karena kurangnya perawatan yang Ibu berikan pada gigi.
  6. Bagian tambalan gigi mengalami keretakan atau kebocoran.
  7. Sering mengonsumsi makanan dan minuman asam.
  8. Proses pembentukan email yang kurang sempurna atau terkikisnya email sehingga sangat tipis.

Tapi Ibu, mengalami gigi sensitif atau terlalu sering ngilu ini bukannya tidak bisa diatasi. Karena gigi ngilu ini banyak disebabkan masalah gigi yang lebih kompleks, maka Ibu disarankan untuk konsultasi ke dokter untuk ditangani secara langsung.

Artikel Terkait

Terbaru