Mengapa Nutrisi & Probiotik Sangat Penting Buat Balita?

Semua orang tua pasti mendambakan setiap anak mereka bertumbuh dengan optimal. Anak yang bertumbuh kembang secara optimal memiliki kesehatan dan kecerdasan yang prima yang bisa membuat bangga dan bahagia orang tua manapun juga.

Nutrisi Esensial & Non Esensial
Salah satu faktor penting untuk anak dapat bertumbuh dan berkembang optimal adalah asupan nutrisi yang memadai. Tidak ada satu nutrisi yang lebih penting dari yang lain. Ini berarti semua nutrisi perlu untuk pertumbuhan anak.

Nutrisi yang diperlukan tubuh terbagi menjadi dua kategori mendasar: nutrisi esensial dan non esensial. Nutrisi dikatakan esensial buat tubuh jika tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri sehingga harus dipenuhi dari sumber makanan seperti karbohidrat, protein, lemak dan berbagai vitamin dan mineral. Jika nutrisi esensial ini tercukupi dipastikan tubuh dapat memproduksi berbagai nutrisi non esensial. Jadi nutrisi esensial penting agar tubuh dapat memproduksi nutrisi non esensial. Karena nutrisi esensial sangat diperlukan bagi tumbuh kembang sedangkan tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, maka asupan gizi dalam makanan menjadi sangat penting. Sayangnya tidak selalu makanan yang dikonsumsi anak sempurna kandungan dan komposisi gizinya. Di sinilah peranan susu sebagai pelengkap gizi anak menjadi sangat dibutuhkan.

Ekosistem Saluran Cerna & Probiotik
Sebelum tubuh bisa menyerap nutrisi makanan, makanan terlebih dahulu harus melalui proses di dalam saluran cerna. Itu sebabnya produksi imunitas tubuh terbesar (70%-80%) berasal dari saluran cerna. Dalam saluran cerna terdapat 100 trilyun koloni mikrobiota atau 10 kali jumlah sel tubuh. Mikrobiota yang tinggal di dalam saluran cerna ada yang jahat dan penyebab infeksi juga ada yang baik dan dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan ekosistem usus. Contoh bakteri probiotik yang baik yaitu Bifidobacteria dan Lactobacillus. Probiotik yang mendominasi usus dapat menjadi indikator kesehatan saluran cerna.

Efek positif probiotik antara lain:

  1. Melindungi permukaan usus sehingga bakteri jahat tidak bisa menempel
  2. Mengaktifkan imunitas tubuh sehingga daya tahan tubuh bertambah kuat
  3. Strain probiotik tertentu seperti: Bifidobacterium Longum dan Lactobacillus Paracasei dapat melawan kuman patogen sehingga meningkatkan kesehatan tubuh
  4. Menurunkan suasana pH usus menjadi asam, yang tidak kondusif bagi perkembangbiakan kuman jahat
  5. Memproduksi lemak tak jenuh PUFA (bahan energi untuk regenerasi sel usus)
  6. Menjaga kesehatan saluran cerna (pemanfaatan gizi optimal)
"Anak yang jarang sakit akan bertumbuh kembang dengan optimal"
Probiotik yang mendominasi usus, menunjukkan kondisi saluran cerna yang sehat. Makanan bergizi dan probiotik mendukung daya tahan tubuh anak balita yang relatif masih rentan terhadap penyakit. Anak yang memiliki daya tahan tubuh baik dapat belajar dengan lebih optimal.

Probiotik atau bakteri baik berfungsi optimal bila memenuhi syarat berikut:

  1. Jumlahnya mencukupi
  2. Selama produksi, penyimpanan, penggunaan dan dalam ekosistem usus probiotik harus tetap hidup
  3. Terbukti melalui penelitian dapat memberi manfaat kesehatan bagi yang mengkonsumsi
Penyajian & penanganan
  • 30 g susu bubuk + 185 ml air masak
  • Seduh dengan air hangat suhu maksimum 450C (saat di minum lidah dan mulut tidak terasa kepanasan)
  • Segera konsumsi habis, setelah diseduh
  • Simpan susu bubuk dengan kantong alumunium-foil dalam wadah tertutup rapat kering dan sejuk (bubuk jangan dituang)
  • Susu bubuk kemasan yang telah dibuka agar habis sesuai sajian (400 g untuk maks 6 hari)
      3 x gelas susu = 1 hari, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak anda

    Share artikel ini:

    Artikel Terkait