Anak Demam Usai Imunisasi, Tak Usah Khawatir

Mau sehat, kok, malah sakit? Pikiran itu muncul di benak banyak Ibu saat melakukan imunisasi anaknya. Alih-alih sehat, seringkali si kecil malah demam usai diimunisasi. Tak mengherankan, banyak Ibu yang memiliki prasangka buruk soal imunisasi.


Padahal, demam yang dirasakan si kecil rupanya hanya dampak dari vaksin yang baru dimasukkan. Mengompres si kecil dengan air panas bisa menjadi salah satu cara cepat menurunkan demamnya. Cara lain, seperti dituturkan Wlanda Barus, adalah memberikan air susu ibu (ASI).

Baca Juga: Pentingnya Imunisasi untuk Si Kecil
 

Namun para orang tua sebenarnya tak perlu khawatir jika sang anak demam seusai imunisasi. Demam itu adalah perihal normal lantaran anak disuntik vaksin berisi kuman hidup yang dilemahkan. Pun, tak semua vaksin memicu demam. Vaksin yang menyebabkan deman, antara lain, DTPw (terutama komponen Pw atau Pertussis whole cell, batuk rejan, batuk 100 hari), dan vaksin campak.

Solusinya, bisa lewat ASI agar sang anak tak dehidrasi atau dikompres dengan air hangat. Saran lainnya agar sang buah hati tak makin rewel saat demam adalah membawa mereka dalam ruangan sejuk, bersuhu sekitar 24 derajat celcius.

Adapun pemberian obat penurun panas, tak harus diberikan jika panas sang anak tak lebih dari 38 derajat celcius. Jika melebihi, baru hubungi dokter kepercayaan Ibu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait