Mengawali Hidup Sehat dengan Air Putih di Tahun Baru

Meski tahun terus berganti tak ada alasan untuk tidak menegakkan gaya hidup sehat. Belum lagi berkembangnya gaya hidup yang semakin beragam membuat Anda harus pintar-pintar memilih mana yang sehat dan tidak. Kebutuhan akan air putih adalah salah satu komponen wajib yang tak boleh ditinggalkan di dalamnya. Apa pun model gaya hidup sehat yang Anda ikuti ada baiknya tidak melupakan pentingnya minum air putih.

Melepaskan dahaga

Sebagai cairan yang dibutuhkan oleh tubuh air putih memang sangat diperlukan setiap waktunya. Sebab, tanpa adanya air putih tubuh akan lebih mudah mengalami dehidrasi. Bila Anda memasukkan olahraga ke dalam resolusi tahun baru maka jangan pisahkan konsumsi  air putih dari aktivitas tersebut. National Athletic Trainers Association Amerika menegaskan bahwa air putih merupakan penunjang kebugaran tubuh dalam setiap latihan.

Jangan menunggu haus

Hal lain yang perlu diperhatikan tentang konsumsi air putih ini adalah waktu meminumnya. Jangan pernah menunggu haus untuk minum air putih, karena hal itu bisa mengganggu sistem pencernaan akibat konsumsi air berlebihan dalam satu waktu. Demikian yang disampaikan oleh Dr. Jacob Teitelbaum, penulis From Fatigued to Fantastic!: A Manual for Moving Beyond Chronic Fatigue and Fibromyalgia.

Periksa warna urin

Salah satu indikator cairan tubuh dalam kondisi normal adalah warna urin. Menurut Dr. Jacob, semakin kuning warna urin maka semakin sedikit jumlah cairan yang ada dalam tubuh. Segeralah mengonsumsi air putih yang cukup hingga warna urin bening layaknya air yang dikonsumsi.

Penjelasan tersebut memberikan penegasan bahwa air putih termasuk salah satu poin penting yang benar-benar perlu dipenuhi dalam hidup sehat. Sederhana tetapi begitu berpengaruh bagi kesehatan. Jika Anda maupun si kecil kurang suka lantaran soal rasa, menambahkan irisan buah bisa menjadi ide bagus untuk meningkatkan konsumsi air putih. Jadi, awali tahun baru Anda dan keluarga dengan langkah sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait