vote

Mengenal Jenis Tanaman Obat Yang Dekat Dengan Kita

Banyaknya jenis tanaman obat membuat tanaman ini telah menjadi bagian dari tradisi pengobatan tradisional sejak zaman dahulu. Tanaman obat juga dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

  • Rate Artikel ini

Menurut data Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, Indonesia merupakan rumah bagi 30.000 dari 40.000 jenis tanaman obat di dunia. Oleh karena banyaknya jenis tanaman obat, sejak zaman dahulu, tanaman obat telah menjadi bagian dari tradisi pengobatan tradisional. Tanaman obat juga dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Apa sajakah tanaman yang dekat dengan kehidupan sehari-hari yang  termasuk jenis tanaman obat?

  1. Seledri

Siapa yang tidak mengenal seledri? Tanaman yang satu ini banyak dikenal sebagai bagian dari sayur sop yang Ibu buat. Namun, tahukah Ibu bahwa seledri ternyata juga termasuk salah satu jenis tanaman obat? Seledri (Apium graveolens L.) memiliki berbagai kandungan yang berguna bagi tubuh manusia, seperti kalsium, natrium, tembaga, magnesium, besi, seng, dan juga kalium. Tidak hanya itu, seledri juga mengandung asam lemak, thiamin, serat, riboflavin, asam folat, vitamin A, C, E, D, B6, B12, dan K. Untuk kesehatan, seledri dapat menurunkan tekanan darah, menjaga nafsu makan, menurunkan kolesterol, serta menjaga daya tahan tubuh.

  1. Bawang putih

Jenis tanaman obat selanjutnya yang dekat dengan kehidupan Ibu sehari-hari adalah bawang putih. Umbi yang juga menjadi bumbu dapur ini kaya dengan kandungan antioksidan, seng, mangan, vitamin, B6, dan vitamin C. Selain dimasak, Ibu juga dapat mengonsumsi bawang putih secara mentah untuk memperoleh manfaatnya bagi kesehatan. Bawang putih dapat membantu menjaga tekanan darah, menurunkan resiko penyakit jantung, menjaga kesehatan tulang, serta menjaga daya tahan tubuh.

  1. Serai

Serai merupakan jenis tanaman obat yang bentuknya menyerupai alang-alang, berwarna hijau muda, serta memiliki harum khas. Pada serai, terdapat kandungan minyak atsiri , vitamin A, B, C, folat, asam folat, magnesium, seng, tembaga, besi, kalium, fosfor, mangan, serta kalsium. Untuk pengobatan, serai dapat dijadikan solusi untuk badan pegal-pegal, penyakit batuk, sakit kepala, nyeri lambung, serta diare.

  1. Jeruk nipis

Buah yang rasanya asam menyegarkan ini juga merupakan jenis tanaman obat yang banyak manfaatnya. Di dalam buah kecil ini, terdapat kandungan flavonoid, asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Selain menjaga daya tahan tubuh, jeruk nipis juga memiliki kandungan yang mampu meningkatkan kesehatan kulit, melancarkan sistem pencernaan, mengatasi diabetes, dan mencegah gusi berdarah.

Terbaru