Mengenal Lebih Jauh tentang Jahe

Jahe  merupakan tanaman yang termasuk rempah-rempah dengan nama latin Zingiber Officinale. Jahe sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, terutama di bidang kesehatan. Jahe diketahui berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Di Indonesia sendiri, tanaman jahe relatif mudah ditemukan dan penggunaannya sudah meluas bukan hanya untuk keperluan memasak, tetapi juga untuk kesehatan, dan kecantikan. Manfaat jahe untuk wajah juga sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di Indonesia tapi juga mancanegara.  

Dari jenis, bentuk, besar rimpang, dan warnanya, jahe dibagi atas tiga jenis, yaitu jahe putih besar, jahe putih kecil, dan jahe merah. Jahe dapat ditanam di tanah yang memiliki ketinggian 200-600 meter di atas permukaan laut dengan rata-rata curah hujan 2.500-4.000 mm/tahun. Namun, pada umumnya, jahe di Indonesia hanya ditanam di pekarangan rumah dan pemanfaatannya pun sebatas untuk konsumsi rumah tangga.

Berdasarkan jurnal Universitas Indonesia berjudul Analisis Kandungan Tanaman Jahe, bangsa Cina telah memanfaatkan jahe selama 2500 tahun untuk obat pencernaan, anti mual, rematik, mengatasi pendarahan, gigitan ular, gangguan pernapasan dan bahkan mengatasi kebotakan.

Di Indonesia, jahe sering ditemukan sebagai kandungan jamu sebagai obat untuk menaikkan tingkat imunitas, seperti membantu mengatasi flu serta masuk angin. Selain itu, dilansir dari buku 365 Tips for Women, manfaat jahe untuk wajah juga diketahui dapat membantu mengurangi jerawat. Caranya adalah dengan mengonsumsi jus jahe. Manfaat jahe untuk wajah juga dapat ditemukan pada kosmetik para Ibu karena ternyata jahe memiliki kemampuan untuk menghasilkan minyak atsiri yang biasanya digunakan sebagai campuran bahan baku kosmetik sebagai bahan antioksidan dan antiseptik. Namun, konsumsi jahe untuk konsumsi tubuh perlu diperhatikan penggunaanya. Mengingat jahe bersifat panas dan kuat, jika konsumsi berlebihan hal ini justru dapat mengganggu pencernaan Ibu dan keluarga. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait