@shutterstock

Mengintip Manfaat Jus Aloe vera Bagi Kesehatan

Gaya hidup sehat terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini secara otomatis berpengaruh pada aneka makanan sehat yang banyak bermunculan. Salah satunya adalah minuman dari tanaman lidah buaya. Tanaman bernama ilmiah Aloe vera ini memang dikenal memiliki segudang manfaat, namun lebih digunakan sebagai treatment untuk tubuh. Setelah dilakukan beragam penelitian, akhirnya tanaman lidah buaya dinyatakan aman untuk dikonsumsi.

Jika Anda termasuk orang yang gemar membuat jus Aloe vera, yuk simak manfaatnya berikut ini.

Menjaga kesehatan kulit
Beruntunglah bagi Anda yang sering meminum jus tanaman lidah buaya. Pasalnya, tanaman ini dapat menjaga kesehatan kulit. American College of Angiology melaporkan bila tanaman lidah buaya mengandung cairan yang cukup banyak. Cairan ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit agar tidak mudah mengalami kering maupun iritasi.

Melancarkan pencernaan
Lebih lanjut American College of Angiology menjelaskan jus tanaman lidah buaya mengandung banyak serat di dalamnya. Serat sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan, menguraikan karbohidrat dan lemak menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Selain itu, serat memiliki manfaat yang baik untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi, sehingga kebutuhan gizi harian dalam tubuh bisa terus terpenuhi.

Mencegah konstipasi
Melimpahnya kandungan serat dalam tanaman lidah buaya juga bisa mencegah konstipasi dalam perut. Proses pencernaan berjalan dengan lancar dan penyerapan nutrisinya pun berjalan lebih optimal. Akhirnya, zat sisa yang dikeluarkan dari dalam tubuh benar-benar berupa ampas yang tak padat. Usus juga akan lebih mudah mendorong feses ke luar dari anus. Penjelasan ini didasarkan pada hasil penelitian American College of Angiology.

Menjaga kesehatan mulut
Sementara hasil penelitian yang lainnya menjelaskan jika Aloe vera sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut. Hasil penelitian yang dilansir dalam Journal of Indian Society of Periodontology menyebutkan jus tanaman lidah buaya mengandung zat antibakteria. Zat ini dapat membunuh kuman yang bersarang di sela-sela gigi. Bahkan, Journal Advances in Clinical and Experimental Medicine menambahkan menggunakan jus tanaman lidah buaya untuk berkumur sebentar sebelum menelannya dapat membuat minuman ini layaknya mouthwash alami yang baik untuk kesehatan mulut.

Meminum jus tanaman lidah buaya sudah sering dilakukan, Anda tinggal memaksimalkan penggunaannya agar lebih maksimal manfaatnya.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait