@shutterstock

Mengurangi Asupan Gula, Ini Dia Manfaatnya

Sering makan makanan manis? Gula darah Anda sering naik? Berarti sudah saatnya mengurangi asupan gula. Terlalu sering makan makanan manis bisa membuat kesehatan tubuh terganggu. Banyak lho manfaat positifnya jika Anda mulai diet gula. Yuk, cari tahu!

Tubuh mencerna semua gula yang masuk dengan cara yang sama, tapi dari mana gula itu berasal menjadi sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda. Ketika gula yang masuk merupakan kandungan alami dari makanan, tubuh Anda akan mendapatkan serat dan nutrisi. Hal itu sangat penting untuk proses pencernaan karena serat akan memperlambat penyerapan karbohidrat untuk membantu menjaga gula darah agar tetap stabil.

Ketika kandungan gula yang masuk dalam tubuh berkurang dari biasanya, maka tubuh akan memberikan sinyal ingin merasakan sesuatu yang manis. Nah, saat itu berusahalah untuk menghindari mengonsumsi permen, es krim atau makanan manis lainnya. Makanlah buah-buahan karena buah mengandung gula alami yang tidak membahayakan tubuh. Anda bisa mencampurnya dengan oatmeal atau susu segar agar lebih lezat dan sehat.

Mengonsumsi banyak gula akan membuat berat badan bertambah dan meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, juga berisiko membuat gula darah tidak stabil. The Institue of Medicine memberikan rumus untuk membatasi konsumsi gula, caranya dengan mengambil sebanyak 25 persen jatah kalori tubuh dalam sehari. Jika Anda mengonsumsi 1800 kalori setiap hari, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi lebih dari 5 sendok teh gula tambahan, seperti pedoman dari The American Heart Association.

Mengurangi asupan gula akan menjaga tubuh tetap langsing. Terlalu banyak mengonsumsi gula saat diet akan membuat diet sia-sia. Ketika asupan gula tambahan melebihi konsumsi kalori harian, kandungan dalam makanan manis akan menggantikan nutrisi dari makanan sehat.

Selain itu, mengurangi asupan gula adalah tindakan yang tepat sebagai pencegahan dari diabetes. Ketika gula memasuki aliran darah, diperlukan insulin untuk membawanya ke dalam sel. Tubuh penderita dibetes tidak bisa memproduksi insulin yang cukup. Akibatnya, gula darah akan terus naik dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, mata, saraf dan kerusakan ginjal.

Banyak sekali manfaat positif dari mengurangi asupan gula. Anda bisa terhindar dari banyak penyakit yang mengintai kesehatan. Mulailah memperbaiki asupan nutrisi dan makanan agar tubuh senantiasa sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait