Menumbuhkan Inspirasi Tak Harus dengan Mainan Baru

Yang terhormat pengasuh rubrik,

Sebagai orangtua dari Rasta yang saat ini berusia 3,5 tahun, saya sering bingung ketika ingin membelikan mainan. Apakah saya harus membelikan mainan lagi, sementara mainannya masih banyak? Mainan seperti apa yang berguna untuk anak? Terimakasih atas penjelasannya.
Ny. Vanda – Manado

Ny. Vanda yang terhormat,
Ibu, dalam membeli mainan sebaiknya seselektif mungkin dan benar-benar dibutuhkan si kecil. Jadi tidak setiap ada mainan baru atau mainan yang ia minta, Anda harus membelikannya. Hal ini juga dimaksudkan untuk memberi kesempatan pada si kecil untuk bermain dengan obyek mainan yang lebih beragam ketika bermain dengan teman-temannya, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah.

Ada baiknya Anda memperkenalkan mainan multifungsi, yaitu satu mainan yang dapat dibentuk menjadi berbagai variasi mainan dan dapat dimainkan bersama dengan teman-temannya. Dari mainan ini si kecil akan mendapat stimulasi yang beragam pula, seperti:

  • Melatih motorik halus dan kasar, konsentrasi, konsep sebab akibat, konsep ruang/bentu, sebab akibat, warna, sosialisasi dan lain-lain.
  • Beberapa mainan dasar yang sederhana dan imajinatif dapat Anda berikan padanya. Misalnya puzzle balok dengan satu sisi huruf dan sisi lainnya angka. Mainan ini selain untuk mengajarkan anak mengenal abjad dan huruf, juga bisa untuk belajar membaca.
  • Mengenalkan sebuah kata (misalnya ini ayah, ini ibu, itu meja, dan sebagainya), Anda telah menambah perbendaharaan kata pada si kecil. Jika angka/huruf dan balok–balok itu berwarna, maka Anda pun telah mengenalkan warna padanya.
  • Telepon-teleponan juga dapat mengajarkan etika berbicara dengan lawan bicaranya, serta melatih berani berkomunikasi dengan orang lain.
  • Mainan rancang bangun, seperti potongan-potongan geometri berbentuk kotak, persegi, segitiga, lingkaran, dan bentuk lain juga mengajarkan anak untuk belajar konsep ruang dan bentuk. Mainan tersebut banyak mengandung unsur edukatif, misalnya bisa mengajarkan rancang bangun pada si kecil. Dari potongan-potongan balok ia dapat membangun gedung, mobil-mobilan, dan rancang bangun lainnya.
Mainan yang termasuk dalam kategori mainan multifungsi ini tak harus Anda beli dengan harga mahal. Manfaatkanlah benda-benda di sekitar rumah Misalnya, gelas plastik, selain bisa dimasukkan ke dalam wadah yang lebih besar disusun juga bisa digunakan untuk belajar mengenal volume.

Namun, yang perlu diperhatikan, setiap mainan edukatif mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda, karena itu pilihlah yang sesuai dengan usia si kecil. Yang juga tak kalah pentingnya, ciptakan suasana menyenangkan, agar si kecil dapat bermain asyik dengan mainannya. Permainan yang beragam juga akan membuatnya lebih smart.

Inpirasi Bunda
Bunda, respon Anda saat bermain akan dirasakan anak sebagai sebuah bentuk kepedulian. Tunda sementara berbagai tugas uang sedang menanti untuk diselesaikan, dan nikmati saat-saat bermain bersamanya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait