Merangsang Kemampuan Motorik Anak

Kemampuan motorik halus anak dapat terlihat dari kemampuan anak mengendalikan tangan dan jari jemarinya. Untuk meningkatkan kemampuan ini, ajaklah si kecil melakukan berbagai kegiatan yang banyak melibatkan tangan dan jemarinya.

Semakin besar usia anak, semakin banyak variasi kegiatan yang dapat melatih kekuatan dan ketrampilan tangannya. Alat dan bahan yang dapat digunakan pun semakin beraneka ragam sehingga anak lebih tertarik untuk melakukannya. Kegiatan kali ini terdiri dari aktivitas menjepit, mengocok, dan melempar. Aktivitas ini dapat dilakukan anak usia 3 tahun atau lebih.

Saat melakukan aktivitas tersebut, temani si kecil dan berikan petunjuk dengan jelas sehingga anak dapat melakukannya dengan baik. Jangan lupa, bila si kecil mampu melakukannya berikan pujian agar ia semakin termotivasi.

BELAJAR MENJEPIT
Membuat Tamborin dengan Stapler
Kali ini saatnya Anda mengijinkan si kecil menggunakan stapler. Sebelumnya pastikan dulu stapler sudah terpasang dengan baik. Jelaskan pada anak bagaimana stapler berfungsi dan bagaimana cara menggunakannya. Anak mungkin sudah tidak sabar ingin segera menggunakannya, dan Anda dapat memuaskan keinginan tersebut dengan membuat tamborin dari kertas.

Bagaimana caranya?
Gambarlah 2 lingkaran dengan diameter 20cm di atas kertas karton, lalu gunting bentuk lingkaran tadi. Kemudian, minta si kecil menyatukan 2 bentuk lingkaran tadi dengan menjepit bagian tepi kertas bulat menggunakan stapler. Sebelum anak menjepit semua tepi lingkaran, minta ia memasukkan segenggam biji-bijian ke dalamnya. Selanjutnya jepit bagian yang masih terbuka dengan stapler sampai benar-benar tertutup. Nah, sekarang si kecil dapat menggunakan tamborin buatannya untuk bermain musik.

Menggunakan Penjepit Makanan
Anak dapat melatih jari jemarinya dengan menggunakan penjepit makanan. Tahulkah Anda? Saat membuka dan menutup penjepit, jari-jari si kecil terlatih untuk melakukan gerakan menjepit. Kegiatan ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan di dapur. Di sana, terdapat berbagai benda yang dapat dijadikan sarana untuk berlatih menjepit. Seperti biji kemiri, kue-kue, atau jelly yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Sebagai permulaan mintalah si kecil mengambil benda-benda tersebut dengan penjepit makanan. Bila si kecil sudah dapat melakukannya, minta ia untuk memindahkan benda-benda tersebut dari satu tempat ke tempat lain. Sebagai contoh, anak dapat memindahkan biji kemiri dari meja ke dalam toples.

Jika si kecil sudah semakin mahir, sediakan cetakan agar-agar atau wadah bekas telur. Kemudian isi karton tersebut dengan berbagai benda dan minta si kecil menjepit benda-benda yang terdapat di dalam karton dan memindahkannya ke dalam karton yang lain. Agar si kecil lebih bersemangat, gunakan jelly atau permen. Sambil melakukan aktivitas ini si kecil pun dapat menyantap objek yang dimainkannya.

BELAJAR MENGOCOK
Membuat Gelombang
Sediakan botol plastik transparan ukuran 480 mL. isi botol tersebut dengan minyak sayur. Tidak perlu sampai penuh, kira-kira hanya 3/4 bagian saja. Kemudian minta si kecil menetekan cairan berwarna ke dalam botol. Pastikan anak dapat melakukannya dengan mudah sehingga tidak menumpahkan cairan di dalam botol. Tutup botol tersebut sampai benar-benar rapat.

Selanjutnya, minta anak membalikkan botol perlahan-lahan dan ulangi terus gerakan tersebut. Coba perhatikan gerakan air di dalam botol yang menyerupai gelombang. Anak dapat menggunakan satu atau kedua tangannya saat membolak-balikkan botol. Kegiatan ini dapat melatih dan memperkuat pergelangan tangan dan jari-jari si kecil.

Mengocok Dadu
Mengocok dadu dengan kedua tangannya adalah kegiatan lain yang dapat melatih kekuatan tangan. Sediakan 2 buah dadu, kemudian masukkan dadu ke dalam tangan anak dan minta ia mengocok dadu yang ada di dalam tangannya beberapa saar lalu jatuhkan dadu ke atas lantai. Lihat berapa angka yang didapat. Supaya lebih menarik, mainkan kegiatan ini bersama teman-teman si kecil dan berlombalah untuk mendapatkan angka terbanyak.

Mengocok Makanan
Masukkan bahan-bahan untuk membuat puding instant ke dalam botol kosong. Pastikan botol dapat ditutup rapat. Kemudian minta si kecil mengocok botol berisi bahan-bahan tersebut sampai menjadi puding. Anda juga dapat memasukkan krem ke dalam botol dan menutupnya rapat lalu meminta si kecil mengocok botol tersebut sampai krem menjadi kental.

Kocok-kocok, Jadilah Musik
Gunakan kaleng bekas bola tenis yang masih ada penutupnya. Kemudian masukkan biji-bijian atau kancing bekas ke dalamnya. Jangan lupa menutupnya dengan rapat. Selanjutnya, minta anak mengocok kaleng dengan tangan kanannya lalu lemparkan kelang ke tangan kirinya. Coba dengarkan suara-suara yang dihasilkan oleh gerakan ini. Seperti suara musik bukan?

KEGIATAN MELEMPAR
Melempar ke Dalam Kotak
Siapkan kotak kosong seperti dus bekas sepatu, spatula (sendok kue), dan adonan kue yang sudah kental. Kemudian letakkan kotak kosong dengan jarak satu meter dari tempat si kecil berdiri. Selanjutnya gunakan spatula untuk menyendok adonan kue dan melemparkan adonan ke dalam kotak. Jika jarak satu meter terlalu mudah, buat jarak yang lebih jauh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait