©shutterstock

Mudah Lelah, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Anda merasa sangat kelelahan? Hal ini wajar terjadi kok. Tapi, jika Anda sering mengalami kelelahan bahkan saat tidak melakukan banyak aktivitas, hal ini perlu diwaspadai lho. Berikut ini beberapa penyebab  kenapa tubuh mudah merasa lelah saat beraktivitas. Simak yuk, agar Anda bisa mengubah kebiasaan ini.

Melewatkan waktu olahraga ketika lelah
Ketika merasa lelah, Anda melewatkan waktu olahraga? Hal ini justru dapat membuat tubuh semakin lemah. Sebuah studi pada University of Georgia mengemukakan bahwa orang dewasa yang rutin berolahraga walaupun dalam keadaan lelah selama 20 menit per hari merasa lebih bersemangat dan tidak mudah lelah.

Kurang minum air putih
Menurut Amy Goodson, RD, seorang ahli diet untuk Texas Health Ben Hogan Sports Medicine mengatakan dehidrasi menyebabkan penurunan volume darah, hal ini menyebabkan jantung memompa lebih cepat. Inilah yang menyebabkan Anda merasa lelah saat kekurangan cairan. Oleh karena itu, ikuti anjuran untuk minum air putih minimal delapan gelas per hari ya.

Kurang mengonsumsi zat besi
Kekurangan zat besi membuat Anda mudah merasa lelah, lesu, marah dan tidak fokus. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan oksigen yang masuk pada otot dan sel tubuh. Dengan meningkatkan konsumsi zat besi, seperti daging sapi tanpa lemak, kacang merah, telur dan sayuran hijau dapat mengurangi risiko anemia dan membantu produksi oksigen yang masuk ke dalam otot.

Nah, kini Anda tahu kan alasan di balik mudahnya mengalami kelelahan yang dirasakan? Maka dari itu, selalu biasakan olahraga yang teratur dan makan makanan yang sehat ya. Selamat menyambut hari esok yang lebih bersemangat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait