Ops, Wadah Plastiknya Meleleh

Kini semakin banyak peralatan dapur yang menawarkan cara praktis dan mudah untuk menyimpan makanan. Salah satunya adalah wadah plastik yang sedang booming di kalangan para ibu rumah tangga.

Selain memudahkan menyimpan makanan baik mentah ataupun hidangan siap saji, wadah plastik juga tampil dengan berbagai ukuran dan desain yang menarik. Sayangnya, penampilan dan kegunaannya yang praktis, tidak membuat Anda berpikir dua kali masalah keamanannya. Pengetahuan yang terbatas membuat kurang berhati-hati dalam memutuskan saat membeli wadah plastik.

Plastik adalah produk industri kimia yang tanpa disadari banyak hal buruk yang dapat ditimbulkan karena penggunaan yang tidak tepat ataupun pemilihan materi yang kurang aman. Menurut Reinhart Poli, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari masalah kesehatan akibat penggunaan bahan plastik.

Pada setiap kemasan wadah plastik terdapat tipe dan detail barang. Jika tercantum nomer atau angka daur ulang (recycling) 3 atau 7, maka artinya kemungkinan besar materi plastik mengandung BPA (bisphenol A) atau phthalates (biasanya digunakan untuk pembuatan plastik PVC). Materi plastik ini jika diserap oleh tubuh melalui makanan berpotensi menganggu keseimbangan hormon. Hal ini akan lebih berbahaya lagi jika digunakan oleh anak yang masih dalam usia pertumbuhan.

Selain itu, tidak semua wadah plastik bisa dipanaskan. Namun, pada dasarnya semua wadah plastik dianggap mengandung racun kimia apabila dipanaskan dalam suhu tertentu. Zat kimia tersebut dapat meresap pada makanan dan mengakibatkan gangguan kesehatan pada tubuh.

Oleh karena itu, sekarang pastikan bahan plastik yang Anda pakai aman bagi keluarga. Kemudian, pastikan untuk tidak menggunakan wadah plastik untuk makanan yang panas. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait