Pengaruh Label Nutrisi Dengan Kesehatan

Sudah bukan menjadi barang baru lagi, jika kesehatan menjadi sesuatu yang sangat berharga. Beragam upaya dilakukan agar anak khususnya bisa sehat setiap saat. Salah satu sering dilkaukan adalah pemilihan makanan kemasan. Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan agar makanan yang dikonsumsi anak tetap menyehatkan, termasuk di antaranya perihal label nutrisi makanan.

Label nutrisi diartikan sebagai data yang tercetak pada suatu kemasan dan bisa  memberikan informasi mengenai kandungan nutrisi dalam makanan. Label nutrisi ini dapat membantu konsumen mengetahui jumlah kalori yang akan dikonsumsi. Mulai dari  kalori total yang dihasilkan, komposisi makanan, kandungan zat tertentu, semua bisa Anda ketahui lewat label nutrisi.

Maka dari itu, sebelum Anda membeli produk makanan, sebaiknya periksalah terlebih dahulu label nutrisi yang ada di balik kemasannya. Lihatlah kalori yang terkandung di dalamnya. Ini penting, karena makanan yang tinggi kalori dapat menyebabkan kegemukan. Sebaliknya, makanan dikatakan sehat bilamana kandungan nutrisinya kurang dari 2000 kalori.

Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu mengecek kandungan kolesterolnya. Makanan yang sehat mengandung kurang dari 300 mg kolesterol dan 2400 mg sodium. Jangan lupa perhatikan juga kandungan vitamin C, vitamin A dan zat besi. Makanan yang sehat mengandung paling tidak 20% dari keseluruhan total nutrisi yang terkandung dalam makanan.

Para orang tua sering membeli produk makanan dengan mudah tanpa memperhatikan label nutrisi. Hal ini dapat berakibat buruk jika makanan yang dikonsumsi mengandung kolesterol tinggi dan dikonsumsi setiap hari. Adapun dampaknya jika hal ini diabaikan adalah dapat membahayakan kesehatan si kecil dan keluarga. Jadi, cermati baik-baik label nutrisi sebelum membeli makanan kemasan ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait