vote

Pentingkah Makanan Rendah Kalori untuk Mendukung Diet?

Kalori yang berbentuk lemak tidak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh hingga tubuh membutuhkan tambahan energi. Hal inilah yang menyebabkan jika terlalu menyimpan banyak lemak dalam tubuh tidak berdampak baik.

  • Rate Artikel ini

Kalori adalah sebuah satuan yang digunakan dalam menyatakan total energi. Biasanya kalori akan menunjukkan total energi yang terdapat pada makanan. Jika Ibu belum begitu kenal dengan kalori, maka perlu untuk mempelajarinya. Sebab kalori merupakan hal yang sangat penting diketahui karena berkaitan dengan kesehatan tubuh.

Kita mendapatkan kalori dari makanan yang dikonsumsi dan tubuh akan mengubahnya menjadi energi. Kalori juga dibutuhkan tubuh agar fungsi dasar tubuh dapat beroperasi dengan baik.

Oleh karena itu, mengatur asupan kalori harian dan cenderung memilih makanan rendah kalori adalah hal yang harus dilakukan. Jika kalori yang masuk ke tubuh lebih besar daripada kalori yang digunakan, maka kalori itu akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak.Sayangnya, kalori yang sudah berbentuk lemak tidak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh hingga tubuh membutuhkan tambahan energi. Hal inilah yang menyebabkan jika terlalu menyimpan banyak lemak dalam tubuh tidak berdampak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Dikutip dari buku Healthy Food for Healthy People, berikut adalah jumlah kalori per gram dari beberapa jenis makanan. Jumlah tersebut di antaranya yaitu 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori, 1 gram protein juga mengandung 4 kalori, 1 gram lemak mengandung 9 kalori, dan 1 gram alkohol mengandung 7 kalori.

Setelah mengetahui kandungan kalori tersebut, Ibu hendaknya lebih berhati-hati terhadap jumlah kalori yang Ibu peroleh tiap harinya dan memilih makanan rendah kalori, ya. Apabila terdapat asupan kalori tanpa adanya pembakaran yang sesuai, maka dapat memicu terjadinya beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, kegemukan, penyakit stroke, jantung hingga diabetes. Maka dari itu, terdapat dua cara mengendalikan kalori, seperti mengatur kalori yang masuk (mengonsumsi makanan rendah kalori), serta memaksimalkan kalori yang dibakar melalui olahraga. Selain untuk menjaga berat badan, hal tersebut juga dilakukan untuk pencegahan terhadap beberapa penyakit yang diuraikan di atas.

Artikel Terkait

Terbaru