©shutterstock

Pentingnya Makan Sehat Untuk Menunjang Olahraga

Wah, si kecil gemar berolahraga ya? Aktivitasnya yang satu ini perlu dukungan penuh dari Anda lho. Tidak hanya memberikan fasilitas yang dibutuhkannya, tapi juga memberikan asupan makanan sehat untuk energi dan kekuatan si kecil. Nah, berikut ini adalah pola makan yang perlu Anda perhatikan untuk menunjang olahraga si kecil.

Asupan karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber energi utama untk olahraga dan juga bahan bakar utama untuk otak si kecil. Pastikan Anda memberikan si kecil asupan karbohidrat yang cukup agar kondisi fisiknya semakin prima saat berolahraga. Sumber makanan kaya karbohidrat adalah pasta, nasi, susu, yogurt, sereal dan lain sebagainya.

Asupan protein
Protein berperan dalam membangun otot, melawan infeksi, serta membantu pertumbuhan jaringan dan sel tubuh. Oleh karena itu, nutrisi ini sangat dianjurkan bagi para atlet. Sumber makanan yang mengandung protein adalah daging, ikan, unggas, keju, susu dan juga kacang-kacangan.

Konsumsi cairan tubuh
Saat olahraga, tidak hanya asupan makanan pemberi energi saja yang dibutuhkan. Tapi, si kecil juga membutuhkan cairan tubuh yang cukup agar tidak dehidrasi. Jadi, sebelum atau saat olahraga, pastikan si kecil mendapatkan konsumsi yang cukup. Sediakan sebotol air putih untuk menemaninya saat berolahraga.

Minat olahraga si kecil bisa jadi salah satu pembuka pintu masa depannya lho. Maka dari itu, selalu berikan dukungan pada kegemarannya ini dengan memberikan asupan makanan sehat ya. Semoga menginspirasi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait