vote

Penuhi Kebutuhan Serat untuk Si Kecil

Makanan yang berserat dibutuhkan oleh si Kecil dalam masa pertumbuhannya. Selain bermanfaat bagi pencernaan si Kecil, serat juga bisa membantu menjaga kesehatan saluran cerna sehingga penyerapan vitamin lebih optimal.

  • Rate Artikel ini

Makanan yang berserat menjadi salah satu kebutuhan tubuh yang harus dicukupi secara optimal. Apalagi bagi si Kecil ya. Tentunya, Ibu akan berusaha sebaik mungkin memberikan gizi yang tepat bagi si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Selain kendala tersebut, ada juga kendala lain yakni munculnya beraneka ragam jenis olahan makanan lain yang akhirnya menggeser keberadaan makanan yang berserat dari meja makan.

Makanan yang berserat dibutuhkan oleh si Kecil dalam masa pertumbuhannya. Selain bermanfaat bagi pencernaan si Kecil, serat juga bisa membantu menjaga kesehatan saluran cerna sehingga penyerapan vitamin lebih optimal.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi para Ibu untuk selalu memperhatikan kebutuhan serat si Kecil setiap harinya dan mulai mengganti pola makan dengan mengonsumsi serat alami. Beberapa poin lain terkait pentingnya makanan yang berserat akan diuraikan pada ulasan berikut ini, simak yuk!

Serat Tak Hanya Sayur dan Buah Saja

Jika selama ini serat hanya dikenal berasal dari berbagai jenis buah dan sayuran, ternyata tidak demikian adanya. Dikutip dari buku The Complete Book of Food Combining oleh Kathryn Marsden, Serat juga bisa Ibu dapatkan dari jenis olahan makanan lain seperti sereal, dan kacang-kacangan. Ibu juga boleh memilih gandum sebagai sumber serat alami untuk keluarga termasuk si Kecil. Dikutip dari Pedoman Gizi Seimbang, beras merah dan ketan hitam juga menjadi sumber serat yang baik, lho.

Berikan dengan Tampilan Menu Beda

Menu berupa sayuran terkadang ditolak oleh si Kecil. Jika sudah begini, Ibu pasti merasa sedikit cemas dan bingung untuk memilih pengganti serat yang lain. Nah, saat ini sudah banyak disajikan aneka resep pengganti yang bisa Ibu praktikkan untuk menyajikan sayur dalam jenis yang berbeda. Ibu bisa mencoba aneka resep Sahabat Nestl agar kebutuhan sayur bagi si Kecil tetap terpenuhi.

Porsi Serat yang Tepat                              

Secara umum, dilihat dari Pedoman Gizi Seimbang, kebutuhan serat setiap harinya sekitar minimum 28 gram bagi orang dewasa. Sedangkan untuk si Kecil berusia 1-3 tahun membutuhkan serat sebesar 16 gram, 4-6 tahun sebesar 22 gram, dan 7-9 tahun membutuhkan 26 gram.  Pentingnya takaran kebutuhan serat ini dibutuhkan untuk menjaga kestabilan metabolisme di dalam tubuh.

Jadi, jangan sampai si Kecil kekurangan serat yang membantu penyerapan vitamin agar pertumbuhannya optimal ya, Bu.

Terbaru