Penyebab Tubuh Kekurangan Vitamin D

Vitamin D memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan perkembangan si kecil. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti rakitis, otot jadi melemah, asma pada anak serta meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Lalu, apa sih yang menyebabkan tubuh kurang vitamin D? Simak penjelasannya berikut ini.

Kurang paparan sinar matahari

Sudah mengenal istilah sunshine vitamin? Istilah ini biasa disebut juga dengan vitamin sinar matahari yang menjadi sumber vitamin D. Kebanyakan orang sering sekali menghindari sinar matahari pagi, karena takut kulit menjadi hitam dan kusam. Padahal, sinar matahari pagi adalah vitamin D alami yang sangat baik bagi tubuh. Hal ini merupakan salah satu penyebab mengapa Anda bisa kekurangan vitamin D.

Kinerja ginjal

Dengan bertambahnya usia, kinerja ginjal tidak dapat maksimal, terutama untuk mengkonversi vitamin D menjadi bentuk aktif. Sehingga, tubuh tidak dapat menerima vitamin D dengan optimal.

Kurangnya konsumsi asupan vitamin D

Penyebab utama kekurangan vitamin D, karena kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin tersebut. Sehingga, para orang tua dihimbau untuk memiliki pengetahuan lebih tentang menu masakan yang kaya vitamin D. Kuning telur, sayuran berwarna hijau gelap seperti kale dan bayam, ikan, susu, serta biji-bijian adalah sumber makanan yang kaya vitamin D.

Dengan mengetahui penyebab tubuh kekurangan vitamin D, Anda diharapkan semakin memperhatikan gaya hidup dan asupan makanan si kecil dan keluarga. Jangan sampai keluarga tercinta menderita gangguan kesehatan tertentu karena kekurangan vitamin ini ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait