Peran Pankreas Dalam Mengontrol Gula Darah

a3ebd126adec1f811c30b56eba732acd5ce88f80.jpeg

Tahukah Anda, jika tubuh manusia memiliki organ tersendiri yang mengontrol kestabilan gula darah? Ya, organ itu tak lain adalah pankreas. Pankreas adalah organ yang tidak biasa karena memiliki dua fungsi, yakni memproduksi dan mengeluarkan hormon endokrin yang bertanggung jawab mengatur jumlah glukosa dalam darah. Kemudian yang kedua, memproduksi kelenjar eksokrin (pencernaan) yang menghasilkan enzim yang diperlukan usus kecil untuk memecah dan menyerap protein, lemak dan karbohidrat.

Lalu bagaimana cara kerja pankreas untuk mengontrol gula darah dalam tubuh? Sebelum menerima penjelasan lebih lanjut, mari mengenal dua hormon alami yang diproduksi oleh pankreas dari penjelasan Sandi Busch, praktisi kesehatan Amerika Serikat, berikut ini.

Glukagon dan Insulin

Glukagon berfungsi meningkatkan glukosa dalam darah dengan mempercepat glikogen yang disimpan dalam hati keluar dan mendorongnya ke dalam darah. Kemudian, insulin berfungsi untuk menurunkan jumlah glukosa dalam darah denagn menyimpan glukosa dalam darah ke hati dan sel otot.

Cara kerja pankreas

Dalam pankreas terdapat reseptor yang dapat mendeteksi glukosa dalam darah. Jadi ketika Anda makan sesuatu, pankreas melepaskan enzim pencernaan ke usus untuk memecah makanan.

Ketika makanan dicerna, dan tingkat gizi dalam darah meningkat, pankreas memproduksi insulin untuk membantu tubuh menyimpan glukosa. Sebaliknya, ketika kadar gula dalam tubuh menurun pankreas memproduksi glukagon untuk mengambil glukosa dalam hati dan sel otot dan didorong ke dalam darah.

Nah itu dia peran pankreas dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh Anda. Oleh karena itu jaga selalu kesehatan pancreas dengan pola makan sehat yang seimbang dan tentunya mengurangi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Semoga bermanfaat.