©shutterstock

Pisang, Buah Anti Rasa Lapar

Saat mengaduk kolak yang hangat tampak potongan buah nangka, kacang hijau dan irisan buah pisang. Buah ini memang bisa dikatakan sebagai buah yang multifungsi. Tak hanya enak dimakan langsung, namun juga nikmat disajikan dalam aneka bentuk sajian. Bagi Anda yang yang sering menyelipkan buah pisang dalam bekal si kecil, patutlah berbangga. Pasalnya buah yang kaya karbohidrat dan serat ini ternyata bisa menunda waktu lapar atau membuat si kecil kenyang lebih lama.

Penasaran kenapa hal itu bisa terjadi? Simak beberapa fakta menarik dari buah pisang berikut ini.

Menekan nafsu makan

Bukan sebatas omongan belaka, fakta tentang pisang bisa menahan nafsu makan memang benar adanya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Smell and Taste Treatment and Research Foundation Chicago, menjelaskan beberapa bau makanan seperti pisang dapat mengelabui otak hingga menyebabkan Anda akhirnya tidak mood untuk makan. Bila kurang berhasil, makanlah satu buah pisang, karbohidrat dan seratnya dapat menahan rasa lapar hingga waktu makan tiba.

Meningkatkan stamina

Jika Anda sering berkunjung ke gym atau memperhatikan beberapa atlet yang makan pisang sebelum bertanding mungkin akan bertanya-tanya. Penelitian yang dilakukan di laboratorium fisiologi manusia, Appalachian State University, menyebutkan jika mengonsumsi pisang 15 menit sebelum berolahraga dapat membantu mambangun stamina tubuh.

Sumber energi berharga terjangkau

Tak perlu bingung memikirkan suplemen atau makanan sumber energi berharga mahal untuk menopang aktivitas fisik Anda. Dengan harga yang cukup terjangkau dan mudah didapatkan, pisang menjadi makanan sumber energi yang pas sebelum maupun selama sedang berolahraga. Kalorinya yang rendah sementara nutrisinya yang melimpah seperti kalium dapat mendorong metabolisme dalam tubuh untuk membentuk energi yang optimal.

Pendamping diet yang tepat

Suka makan pisang? Kebetulan sekali, pisang merupakan sumber karbohidrat terbaik yang rendah kalori. Satu buah pisang ukuran sedang hanya mengandung kalori sebanyak 110 kalori. Karbohidrat yang terkandung dalam pisang juga beda dengan yang ada dalam nasi atau roti. Pisang mengandung zat pati yang tak dapat dicerna namun bisa membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, satu buah pisang ukuran sedang mengandung serat sebanyak 3 gram. Makanlah satu buah pisang 1 jam sebelum latihan agar stamina yang terbentuk untuk berolahraga lebih maksimal.

Ajak si kecil dan keluarga makan pisang dulu yuk, Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait