Pola Hidup Sehat Penyebab Umur Panjang?

f4eaa18f27048aced8f04fff0ed298380bf0ae3a.jpeg

Mungkin tak akan banyak orang yang percaya jika hidup sehat dapat membuat usia hidup lebih lama. Lain halnya jika diberitahukan pola hidup sehat bisa memberikan manfaat lebih banyak bagi kesehatan. Sebagian besar orang akan paham bahwa pola hidup sehat dapat memberikan banyak manfaat, namun hanya sedikit darinya yang mau menjalaninya. Entah karena alasan apa, yang jelas ulasan berikut ini akan menggambarkan bagaimana hidup sehat benar-benar memiliki hubungan dengan harapan hidup yang lebih lama.

Membuat jantung lebih sehat
Sepotong sandwich gandum dengan isian daging ayam panggang, irisan tomat, lada hitam, selada bawang bombay dan keju mozarella, dihidangkan untuk sarapan pagi. Setelah itu, Anda pergi beraktivitas dan menyempatkan olahraga di sore hari. Tak lupa untuk minum susu sebelum beristirahat total di malam hari. Bukan kesederhanaannya yang dilihat, namun manfaat yang akan dirasakan oleh jantung jika mampu melakukannya setiap hari. Olahraga akan membantu jantung menjadi lebih kuat dan sehat untuk memompa darah yang kaya nutrisi ke seluruh tubuh. Jika jantung sehat, maka risiko untuk mengalami sakit lebih sedikit dan kualitas hidup menjadi lebih lama.

Melawan penyakit berbahaya
Centers for Disease Control and Prevention Amerika, mengatakan gaya hidup yang lebih sehat akan membuat kekebalan tubuh semakin meningkat. Asupan kaya antioksidan dari sayur dan buah-buahan dapat membantu menghalang masuknya zat-zat berbahaya maupun virus dalam tubuh. Belum lagi, olahraga teratur akan meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Walau tidak ada yang tahu kapan seseorang akan sakit, paling tidak dengan gaya hidup sehat risiko terkena penyakit berbahaya dapat diminimalkan.

Menjauhkan dari kelebihan berat badan
Seperti diketahui kelebihan berat badan bukan hanya akan membuat tubuh lebih sulit bergerak. Obesitas juga memiliki sumbangsih dalam menghadirkan ragam penyakit. Pola hidup sehat memiliki fungsi yang paling penting untuk mengontrol berat badan. Asupan makanan yang terjaga dan aktivitas fisik yang rutin dilakukan, bisa membuat tubuh sehat lebih lama. Harapan hidup yang lebih lama kini benar-benar dapat Anda rasakan.

Menjaga pikiran dari stres
Hal lain yang akan membuat pola hidup sehat bisa menyumbang usia yang lebih lama adalah rasa bahagia. Orang yang menjalani gaya hidup sehat bakal memiliki pikiran positif dan tak mudah depresi  akibat tekanan mental yang berlebihan. Olahraga, makan sehat dan tidur cukup akan membantu otak dapat berpikir lebih baik dan fokus. Bila Anda hidup bahagia dan tak mudah stres, harapan hidup lebih lama pun bukan tidak mungkin bisa Anda dapatkan.

Maka dari itu, segeralah ajak si kecil dan keluarga untuk memulai hidup sehat dari sekarang.