Probiotik Dapat Berfungsi Maksimal, Asal …

Kesehatan seorang anak bisa dimulai dari kesehatan saluran pencernaannya. Mengapa? Sebab segala aktivitas penyerapan nutrisi dan pembentukan sel-sel antibodi berlangsung di sana. Bahkan produksi imunitas tubuh terbesar berasal dari saluran cerna. Sebelum tubuh bisa menyerap nutrisi makanan, makanan terlebih dahulu harus melalui proses di dalam saluran cerna. Sahabat Nestle mencatat, dalam saluran cerna terdapat 100 triliun koloni mikrobiota atau 10 kali jumlah sel tubuh.

Mikrobiota yang tinggal di dalam saluran cerna ada yang bersifat jahat dan baik. Dalam artian ada mikrobiota penyebab infeksi dan ada pula mikrobiota yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan ekosistem usus. Saluran cerna bisa dinilai sehat dan dalam kondisi yang baik jika probiotik mendominasi usus.

Apa sih sebenarnya probiotik itu? Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan sebagai suplemen makanan yang mempunyai pengaruh menguntungkan pada kesehatan manusia. Contoh bakteri probiotik yang baik yaitu Bifidobacteria dan Lactobacillus.

Dengan banyaknya probiotik di usus si kecil, maka permukaan usus pun terlindungi sehingga bakteri jahat tidak bisa menempel. Dengan begitu saluran cerna bisa tetap sehat dan melakukan fungsinya dengan baik sehingga pemanfaatan gizi yang masuk pun bisa optimal. Ketika gizi terserap sempurna, maka kekebalan tubuh pun meningkat.

Pada umumnya, balita relatif masih rentan terhadap penyakit. Di sinilah peran makanan bergizi dan probiotik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Anak yang memiliki daya tahan tubuh yang baik maka tak hanya sehat, melainkan juga bisa belajar dengan lebih optimal.

Probiotik atau bakteri baik bisa dikatakan berfungsi maksimal, asalkan memenuhi syarat berikut ini:
1. Jumlahnya mencukupi
2. Probiotik harus tetap hidup baik selama produksi, penyimpanan, penggunaan dan dalam ekosistem usus
3. Terbukti melalui penelitian dapat memberi manfaat kesehatan bagi yang mengkonsumsi

Dari mana probiotik dapat diperoleh? Selama ini orang berasumsi bahwa hanya susulah yang mengandung probiotik. Padahal sebenarnya tidak. Selain susu, masih banyak makanan dan minuman lainnya yang kaya akan probiotik. Anda bisa mendapati kandungan probiotik pada yogurt, tempe, susu kedelai, sup miso, teh kombucha, kefir, acar dan kimchi.

Namun pastikan untuk selalu memberi susu kepada balita Anda agar kebutuhan akan kalsium dan probiotiknya terpenuhi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait