Program Nutrisi Nestlé Indonesia

"Susu adalah barang mewah, namun sekarang kami bisa menikmatinya tiap hari," kata Aji dari Pondok Pesantren Al Quraniyyah Tangerang

Nestlé Indonesia aktif menggelar program nutrisi bagi anak-anak dari kalangan kurang mampu. Sejak akhir tahun 1990an, secara kontinu, Nestlé Indonesia memberikan bantuan berupa susu dan produk bernutrisi lainnya kepada lebih dari 1,000 anak di sejumlah yayasan dan panti asuhan, diantaranya: Yayasan Kampung Kids, Yayasan Emmanuel, Sekolah Yayasan Diakoneia Modern, Yayasan Bakti Nusantara Putra, Yayasan Bakti Luhur, Yayasan Usaha Mulia serta Panti Asuhan Pondok Pesantren Al Quraniyyah.

Bekerja sama dengan Yayasan Emmanuel, Nestlé Indonesia melakukan program nutrisi di SDN Sukasari 01 Bogor, melibatkan hampir 300 siswa. Disamping memberikan bantuan berupa susu serta buah 3 (tiga) kali seminggu, dilakukan pula kelas nutrisi agar siswa dan orangtua bertambah pengetahuannya tentang nutrisi. Pengukuran dilakukan terkait dengan Body Mass Index (BMI), prestasi, tingkat kehadiran serta pengetahuan nutrisi.

Nutrisi Seimbang Menuju Sehat: Program Penyegaran tentang Nutrisi bagi Staf Puskesmas:

”Kami jadi lebih paham tentang menu seimbang dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari,”ujar Ibu Erika dari Puskesmas Pasar Baru Jakarta

Selain bantuan produk, Nestlé juga meluncurkan program edukasi nutrisi bagi tenaga Puskesmas melalui program Nutrisi Seimbang Menuju Sehat. Melalui program ini Nestlé ingin bekerja sama dengan tenaga Puskesmas untuk menyebarluaskan pentingnya nutrisi dan aplikasi praktis pengetahuan nutrisi dalam kehidupan sehari-hari bagi masyakat luas.

Program yang didukung oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI, Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan serta dokter gizi yang tergabung dalam PDGMI (Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia) akan dilakukan di Jakarta, Pasuruan dan Bandarlampung melibatkan lebih dari 1000 tenaga Puskesmas.

Di Jakarta, program telah dimulai sejak awal Juni dan akan terus berlangsung hingga akhir Juni 2008.

Ibu Erika dari Puskesmas Pasar Baru menyatakan kegembiraannya terpilih mengikuti sesi penyegaran ini dan mengungkapkan,"Sesi ini sangat menarik dimana peserta aktif mempraktekkan hal-hal yang terkait dengan nutrisi seimbang melalui berbagai permainan yang membantu pemahaman"


Staf Puskesmas di Provinsi DKI Jakarta dalam sesi penyegaran Nutrisi Seimbang Menuju Sehat, Jakarta Juni 2008

Share artikel ini:

Artikel Terkait